Lucyani Ajak Warga Pelihara Lingkungan Lewat PHBS

Bandung Raya

Minggu, 21 April 2019 | 17:02 WIB

190421170537-lucya.jpg

KETUA TP PKK Kota Cimahi, Hj. Lucyani Priatna bersilaturahmi dengan warga RW 12  Kelurahan Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara, Minggu (21/4/2019). Kedatangan istri dari Wali Kota Cimahi, Ajay M. Priatna ini sekaligus meninjau serta membina dalam rangka persiapan lomba Perilaku Bersih Hidup Sehat (PHBS).

Lucyani mengatakan, PHBS Yandu merupakan salah satu upaya  kesehatan yang bersumberdaya masyarakat, yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat.

"Keberadaannya kini sudah tersebar di seluruh kelurahan, yang berfungsi sebagai wadah pemberdayaan masyarakat  dalam bidang kesehatan," katanya

Ia mengatakan, PHBS merupakan perilaku yang harus dipraktekkan oleh setiap individu dengan kesadaran sendiri, untuk meningkatkan kesehatannya, dan berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan yang sehat.

"PHBS di rumah tangga adalah upaya untuk memberdayakan anggota rumah tangga agar sadar,  mau dan mampu mempraktikkan PHBS untuk memelihara dan meningkatkan kesehatannya,  mencegah resiko terjadinya penyakit, dan melindungi diri dari ancaman penyakit. Serta  berperan aktif dalam gerakan kesehatan masyarakat," bebernya.

Menurutnya, di PKK ada program Hatinya PKK atau Halamam Asri Teratur Indah dan Nyaman, merupakan suatu gerakan masyarakat implementasinya dengan memanfaatkan halaman di sekitar rumah dengan tanaman pangan dan tanaman produktif/ keras ( bernilai ekonomis tinggi).

"Melalui Hatinya PKK diharapkan masyarakat dapat secara sadar untuk mengelola pekarangan atau halaman rumahnya agar asri, teratur sehingga terlihat indah dan menciptakan kenyamanan bagi penghuninya," tuturnya.

Gerakan Hatinya PKK, kata Lucyani, meliputi pemanfaatan pekarangan dengan tanaman, diantaranya Kebun Gizi Keluarga dengan buah dan sayur, Apotik Hidup dengan tanaman obat tradisional, Warung Hidup dengan aneka bumbu dan rempah, serta tanaman pelindung/tanaman keras.

"Penataan Halaman juga diperhatikan dengan menata sarana pembuangan limbah rumah tangga, sehingga tidak terdapat genangan di halaman rumah yang dapat menjadi sumber penularan penyakit," terangnya.

"Serta penataan halaman dengan aneka tanaman hias, agar menimbulkan  kesan  asri pada rumah tersebut, dan memelihara kebersihan, keindahan serta kenyamanan lingkungan," sambung Lucyani.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR