Yana : Besok,. Pelayanan Perekaman KTP-el Tetap Berjalan

Bandung Raya

Selasa, 16 April 2019 | 15:52 WIB

190416155347-yana-.jpg

Rio Ryzki Batee

WAKIL Wali Kota Bandung, Yana Mulyana memastikan pelayanan perekaman KTP elektronik (E-KTP) tetap beroperasi pada hari pencoblosan, Rabu (17/4/2019) besok. Hal tersebut, agar warga bisa segera memiliki E-KTP dan langsung dapat menyalurkan hak pilihnya.

Pelayanan perekaman akan berlangsung di seluruh kecamatan di Kota Bandung dan dua gerai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). Kedua gerai tersebut yaitu di Festival Citylink dan Bandung Trade Center (BTC).

"Bisa saja ada warga Kota Bandung yang saat hari pencoblosan nanti belum memiliki dokumen kependudukan. Hal tersebut saya harap bisa ditangani oleh Disdukcapil," ungkapnya di Kantor Disdukcapil Kota Bandung, Jln. Ambon, Kota Bandung, Selasa (16/4/2019).

Menurutnya langkah tersebut diambil untuk mengantisipasi keluhan masyarakat yang tidak bisa menggunakan hak pilihnya di TPS. Karena terkendala masalah administrasi seperti soal kepemilikan E-KTP.

"Kita sudah pantau sampai ke titik-titik kewilayahan mengenai kesiapan Kota Bandung. Saya juga sudah menitipkan, sekecil apapun potensi permasalahan, harus sigap ditangani sejak di kewilayahan," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Disdukcapil Kota Bandung, Popong Warliati Nuraeni mengatakan bahwa pada hari pencoblosan besok, akan memiminalisir keluhan warga soal tidak bisa mencoblos. Terutama karena terkendala persyaratan dokumen kependudukan.

"Tentu itu juga menjadi tanggung jawab kami, agar tidak ada kendala terkait kependudukan ketika masyarakat menyalurkan hak pilihnya," ujarnya.

Oleh karena itu, Popong mengajak warga Kota Bandung segera melakukan perekaman E-KTP agar dapat menggunakan hak pilihnya. Dengan demikian, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mensukseskan Pemilu 2019.

"Datang saja ke Kecamatan atau gerai-gerai Disdukcapil. Akan kami layani untuk perekaman E-KTP," tambahnya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR