Pemprov Jabar Luncurkan Mobile Puskesmas di Cililin

Bandung Raya

Senin, 15 April 2019 | 16:52 WIB

190415165448-pempr.jpg

Dicky Mawardi

PEMERINTAH Provinsi Jawa Barat meluncurkan Mobile Puskesmas (MPUS) di Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat, Senin (15/4/2019). Kendaraan mini bus ini memiliki perlengkapan layanan kesehatan yang memadai layaknya seperti puskesmas.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, kendaraan ini nantinya akan menjelajahi daerah-daerah terpencil Jawa Barat melayani pemeriksaan kesehatan warga, lengkap dengan para dokter, tenaga kesehatan dan peralatan medis canggih yang dibutuhkan. Termasuk healthcare digital consultation dengan para dokter spesialis secara online.

Layanan yang diberikan mencakup promotif (edukasi/penyuluhan kesehatan); preventif (imunisasi); kuratif (pengobatan) umum dan spesialistik; serta rehabilitatif.

“Ada sentuhan teknologi informasi di MPUS dengan memberi layanan telemedicine atau konsultasi spesialistik melalui digital teknologi. Nanti dokter umum yang ada di MPUS bisa melaporkan langsung ke dokter spesialis jika menemukan pasien yang membutuhkan perawatan khusus,” kata Ridwan Kamil di sela-sela launching MPUS.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat Hernawan, dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Ia menambahkan, MPUS menjadi bagian dari reformasi di bidang kesehatan. Diharapkan dengan layanan langsung jemput bola hingga ke pelosok desadapat mengurangi beban rujukan yang tidak perlu.

"Negara yang mendatangi warga, bukan selalu warga yang mendatangi negara," ucapnya

Untuk sementara baru satu unit MPUS sebagai prototipe. Kedepannya, MPUS akan beroperasi di 27 Kota/Kabupaten di Jawa Barat. Lima unit diantaranya adalah CSR dari Bank bjb.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR