Kerja di Luar Negeri Masih Jadi Daya Tarik Warga KBB

Bandung Raya

Minggu, 14 April 2019 | 22:10 WIB

190414221145-kerja.png

BEKERJA di luar negeri masih menjadi daya tarik bagi sebagian warga Kabupaten Bandung Barat. Alasannya selain karena penghasilannya berkali-kali lipat dibandingkan di Indonesia juga dijadikan kesempatan untuk bisa merasakan tinggal di negara lain.

Negara-negara di Timur Tengah menjadi favorit warga Kabupaten Bandung Barat yang mencoba peruntungan mencari nafkah di negeri orang. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bandung Barat mencatat lebih dari seribu orang yang sudah bekerja di sejumlah negara Timur Tengah.

"Paling banyak di Arab Saudi. Umumnya mereka berasalan kerja di sana (Arab Saudi) minimalnya bisa umrah atau malah bisa menunaikan rukun Islam kelima, yaitu ibadah haji," kata Kepala Disnakertrans Kabupaten Bandung Barat Iing Solihin dihubungi lewat telepon, Minggu (14/4).

Selain Timur Tengah, negara yang menjadi favorit bagi warga Kabupaten Bandung Barat antara lain, Malaysia, Brunei Darussalam. Taiwan, Hongkong. dan Singapura.
Iing mengungkapkan, kini kabupaten/kota dilibatkan dalam proses pengiriman tenaga kerja keluar negeri. Dimana setiap calon.tenaga kerja harus mendapatkan rekomendasi pembuatan paspor dari Disnakertrans Kabupaten Bandung Barat

"Rata-rata tiga rekomendasi kami keluarkan setiap harinya. Sebelum diterbitkan (rekomendasi), kami lakukan verifikasi. Baru setelah itu, para calon tenaga kerja dapat mengajukan lamaran secara online," paparnya.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR