Ada Isu Monyet Kabur, Ini Pernyataan Bandung Zoo

Bandung Raya

Sabtu, 13 April 2019 | 06:30 WIB

190413060924-ada-i.jpg

net

Ilustrasi.

Redaksi PRFM, Jumat (12/4/2019) menerima pertanyaan dari akun twitter @moon_toks mengenai kebenaran isu tiga monyet yang kabur dari Kebun Binatang Bandung (Bandung Zoo).

Marketing Komunikasi Bandung Zoo, Sulhan Syafi membantah isu tersebut, ia menyatakan Isu tersebut memang sering dilontarkan oleh pengunjung atau masyarakat sekitar Bandung Zoo.

"Tidak benar, karena secara proses satwa kita diperiksa BKSDA yang selalu mengecek jumlah hewan kita satu persatu, kalau lepas nanti kita mungkin kalau mobil kena tilang oleh BKSDA," ujar Sulhan saat On Air di PRFM Jumat (12/4/2019).

Sulhan menceritakan, selama ini di kawasan sepanjang  kawasan Bandung Zoo (Jalan Taman Sari)  jadi  area "favorit" untuk orang yang memiliki monyet jawa jenis makaka melepasliarkan peliharaan mereka tersebut.

"Modusnya mereka pake mobil atau motor kemudian berhenti sebentar satwa yang sudah mereka tidak suka dilepas kesini,  sehingga banyak yang berkeliaran bebas di kebun binatang," ujarnya.

Ia menyebut, adanya monyet liar jadi tantangan bagi Bandung zoo, Sulhan mengaku berkewajiban merawat dan memberi mereka makan. Pihaknya pun menerangkan, bila ada yang tertangkap petugas langsung ditempatkan ke karantina namun tidak semua dipamerkan ke pengunjung dengan alasan tertentu, khususnya bila primata tersebut sakit.

"Perlu upaya untuk menangkap mereka, kalau tertangkap kena perangkap kita amankan dan kita lapor BKSDA bahwa ada satwa baru yang kita karantina," katanya.

Selain masalah monyet liar, Bandung zoo juga dibuat repot dengan kehadiran kucing-kucing pendatang yang dilepaskan pemiliknya.

"Kucing liar di Bandung zoo kita coba sterilkan sehingga tidak beranak pinak, karena dikhawatirkan membawa virus bagi satwa lain seperti kangguru yang bisa mati terkena virus dari kucing," ujarnya.


Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR