400 Kayu Putih Ditanam di Bantaran Sungai Cikaro

Bandung Raya

Jumat, 12 April 2019 | 21:52 WIB

190412215328-400-k.jpg

Engkos Kosasih

MUSPIKA Paseh Kabupaten Bandung melaksanakan gerakan penghijauan melalui penanaman 400 tanaman keras jenis kayu putih di bantaran Sungai Cikaro Kampung Rancabali RW 12 Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung, Jumat (12/4/2019).

Selain muspika, gerakan penanaman pohon tersebut dihadiri pemerintahan Desa Sukamantri, Tim Penggerak PKK Kecamatan Paseh dan Desa Sukamantri. Sejumlah warga juga turut hadir mengikuti pelaksanakan penanaman pohon tersebut.

Camat Paseh Komarudin mengatakan, gerakan penanaman pohon ini dalam upaya memperbaiki kondisi lingkungan yang minim pohon tegakan.

"Penanaman pohon kayu putih ini dalam upaya mendukung program Cikaro Lestari yang digagas RW 12 Kampung Rancabali," kata Komarudin.

Selain melaksanakan penanaman pohon, Komarudin menyatakan, pihaknya sudah mememberikan bantuan berupa perahu karet dalam upaya mendukung program Cikaro Lestari tersebut.

"Kami juga sangat tertarik dan mengapresiasi, ketika aparat RW 12 Kampung Rancabali dan warga setempat membuat rakit yang terbuat dari bambu. Warga bisa memanfaatkan rakit tersebut untuk wisata air," katanya.

Melihat program penataan Cikaro Lestari tersebut, imbuhnya, banyak di antara anak-anak yang mulai berenang dan mandi di aliran Sungai Cikaro tersebut sambil menggunakan ban karet.

Sementara itu, Ketua RW 12 Kampung Rancabali Nanang Jauhari menyatakan, pelaksanaan penanaman pohon itu merupakan bagian dari kegiatan peduli lingkungam di kawasan wisata air Sungai Cikaro, yang saat ini dikenal Cikaro Lestari.

"Untuk menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan itu, diawali dengan membersihkan dan mengangkut sampah melalui program Jumat bersih," katanya.

Selanjutnya, kata Nanang, dilanjutkan dengan penanaman pohon di bantaran Sungai Cikaro sebanyak 400 pohon.
"Seelah dilaksanakan penanaman pohon, kemudian dilanjutkan pengecekan standarisasi keamanan dan kenyamanan rakit dan perahu karet untuk wisata air Cikaro Lestari," katanya.

Ia berharap dengan adanya perhatian dari jajaran muspika dan sejumlah pihak itu, dapat meningkatkan pembangunan di Kampung Rancabali. "Terciptanya kampung yang lebih maju, mandiri dalam segala bidang pembangunan," harapnya.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR