Progres Pembenahan Sungai Citarum Akan Dipublikasikan Lewat Aplikasi

Bandung Raya

Senin, 25 Maret 2019 | 17:18 WIB

190325172327-progr.jpeg

dok

Ilustrasi.

PROGRES pembenahan sungai Citarum setiap hari akan di publikasikan lewat aplikasi, selama lima tahun masa pemerintahan gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Aplikasi yang segera dibuat itu, bertujuan agar masyarakat tahu dengan aksi pembebahan dalam program Citarum Harum yang sebelumnya dilakukan dan yang sedang dilakukan. Bahkan dalam aplikasi tersebut foto yang d posting dapat diunduh.

"Selain itu dalam aplikasi bisa komplain dan melaporkan pelanggaran yang terjadi di sungai Citarum," kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat ditemui usai menerima laporan Citarum, Di Gedung Sate, Senin (25/3/2019).

Emil panggilan Ridwan Kamil menjelaskan, dalam program Citarum Harum banyak steak holder yang terlibat sehingga memudahkan mereka untuk melihat perkembangan, termasuk Emil mengaku, sebagai Gubernur dengan aplikasi tersebut bisa memantau jarak jauh.

"Saya sebagai gubernur bisa mantau dimana saja mengingat kesibukan saya," ujar Emil.

Selain itu menurut Emil, pihaknya mengaku imbau kepada media agar memberitakan soal Citarum setiapsatu Minggu satu kali, sehingga masyarakat lebih luas lagi bisa mengatahui apa saja program pemerintah terkait Citarum.

"Saya sudah perintahkan pak Herman dan Kominfo tiap Pokja saya minta posting satu progres visual data apa. Sehingga warga Jabar selama lima tahun tahun bahwa ini teh step by step setiap Minggu," katanya sambil menambahkan ditargetkan selama dua bulan ini aplikasi siap digunakan.

Emil menuturkan, inovasi berikutnya sedang dibahas menjadikan Citarum sebagai kawasan otorita khusus. Sehingga bisa menganggarkan Sumber Daya Manusia (SDM) khusus. Yang kemudian dibuatakan laboratorium terpusat untuk penelitian.

"Bisa bikin dinas kebersihan mandiri untuk membersihkan Citarum, tidak perlu menunggu koordinasi kan 11 daerah urusan mengangkut sampah. Selama dia batasnya jelas radius berapa dari sungai, yang ngurus sampahnya ya si petugas di sana," ucap Emil.


Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR