Untuk Pembangunan Gedung DPRD Kab. Bandung Barat Dibutuhkan Rp 150 Miliar

Bandung Raya

Jumat, 15 Maret 2019 | 17:38 WIB

190315173933-untuk.jpg

Dicky Mawardi

Kepala Dinas PUPR KBB, Anugrah menjelaskan maket gedung DPRD KBB yang mulai dibangun 2019, Jumat (15/3/2019).

PEMBANGUNAN gedung DPRD Kabupaten Bandung Barat jadi dilaksanakan tahun 2019. Berdasarkan hasil DED anggaran yang dibutuhkan untuk membiayai pembangunan gedung wakil rakyat itu mencapai Rp 150 miliar.

"Pembiayaannya menggunakan pola tahun jamak, yakni dua kali tahun anggaran. Untuk tahun ini sudah dialokasikan anggaran sebesar Rp 22 miliar,  tahun depan Rp 27 miliar sisanya bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, " kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bandung Barat Anugrah di Ngamprah,  Jumat (15/3/2019).

Menurutnya, anggaran Rp 22 miliar kemungkinan hanya cukup pondasi,  pematangan lahan, belum sampai pada bangunan gedung  setengah jadi. Kebutuhan sisa anggaran selain dari APBD Kabupaten Bandung Barat juga mengajukan bantuan ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Lahan yang sudah dibebaskan untuk gedung DPRD lebih dari 1 hektare.  Sementara lahan yang digunakan untuk bangunannya kurang dari 1 hektare.

"Gedungnya terdiri dari lima lantai. Ukurannya lebih luas tiga sampai empat kali gedung DPRD sekarang di Padalarang,"  ungkapnya.

Dijelaskannya, gedung DPRD menggunakan konsep Gunung Tangkubanparahu dan Observatorium Bosscha.  Tangkubanparahu tergambar dari bentuk bangunan seperti perahu terbalik.

"Di bagian paling atasnya ada bangunan berbentuk Observatorium Bosscha. Kita mengambil konsep itu, karena Tangkubanparahu dan Bosscha menjadi ciri khas Bandung Barat," paparnya.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR