Percetakan Sawah Baru Harus Jadi Prioritas di Kab. Bandung Barat

Bandung Raya

Kamis, 14 Maret 2019 | 17:36 WIB

190314173727-perce.jpg

net

Ilustrasi.

ANGGOTA DPRD Kabupaten Bandung Barat Bagja Setiawan berharap, pencetakan sawah baru dapat menjadi prioritas bagi pemerintah ke depan. Dengan begitu bisa mengimbangi alih fungsi lahan nonpertanian yang dapat menimbulkan dampak negatif bagi ketahanan pangan.

"Saya berharap pencetakan sawah baru menjadi salah satu prioritas kerja pasangan Aa Umbara Sutisna dan Hengki Kurniawan yang bakal memimpin KBB dalam lima tahun ke depan," kata Bagja yang berasal dari keluarga petani ini kepada galamedianews.co, di Padalarang,  Kamis (14/3/2019).

Terkait dengan belum terealisasinya pencetakan sawah baru di Gununghalu, Bagja menduga salah satu kendala teknis yang menjadi penyebab kegagalan, berkaitan dengan tidak jelasnya perbaikan Irigasi Cidadap 2. Padahal dari Irigasi Cidadap 2 inilah suplai air dibutuhkan buat mengairi sawah baru.

"Harusnya Irigasi cidadap 2 diperbaiki, kalau daerah tidak mampu kan anggarannya bisa minta ke provinsi atau pun ke pusat. Jangan seolah menyerah begitu saja," tambahnya.

Seperti diketahui, pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, menargetkan pencetakan sawah baru seluas 1 juta hektare. Dalam implementasinya sudah mencapai 1,16 juta hektare. Jumlah itu terbagi atas 900.000 hektare dari optimalisasi lahan. Sementara itu, lebih dari 211.000 hektare dari pencetakan sawah baru.


Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR