Warga Berharap Jalan Tembus Lembang Segera Dibangun

Bandung Raya

Rabu, 13 Maret 2019 | 16:48 WIB

190313164857-warga.jpg

Dicky Mawardi

WARGA Lembang berharap pembangunan jalan tembus  yang menghubungkan Lembang. Kabupaten Bandung Barat dengan Tanjungsari,  Kabupaten Sumedang dapat segera direalisasikan. Banyak manfaat yang akan dirasakan masyarakat, salah satunya pertumbuhan ekonomi di sepanjang jalur tersebut.

Keinginan warga itu diungkapkan salah seorang tokoh masyarakat Kampung Batu Loceng,  Desa Suntenjaya, Kecamatan Lembang Ayat Sulaeman (52) di Lembang, Rabu (13/3/2019).

Menurut warga  yang tinggal di RT 02/RW 09 ini. selama ini warga Suntenjaya, Cibodas dan sekitarnya yang hendak ke Sumedang harus lewat ke Cilengkrang,  Kabupaten Bandung, Ujungberung dan Cileunyi

"Sebenarnya ada yang langsung ke Tanjungsari tapi kondisi jalannya rusak parah, masih berupa tanah. Kalaupun naik motor harus sejenis motor trail," ungkapnya.

Ayat yang berprofesi sebagai petani kopi ini memiliki kerabat di Tanjungsari. Sehingga ia sering ke Tanjungsari untuk menemui sanak keluarganya.

"Kalau naik kendaraan lewat ke Cilengkrang terus ke Ujungberung butuh waktu 1,5 jam untuk sampai ke Tanjungsari.  Pernah saya coba berjalan kaki melewati kawasan hutan Perhutani,  hanya butuh waktu 2 jam. Hanya beda setengah jam, jadi sebenarnya dekat cuma jalan di Sumedangnya masih berupa tanah yang sulit dilalui kendaraan apalagi pada musim hujan," paparnya.

Jalan tembus ke Sumedang melewati Maribaya,  Desa Cibodas dan ujungnya di Desa Suntenjaya..Memiliki panjang sekitar 17 kilometer.
Pengerjaan jalan yang digagas sejak 2016 ini ditangani oleh provinsi karena menghubungkan tiga kabupaten. Rencana awalnya pembangunan jalan Lembang-Sumedang ini tidak melewati wilayah Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung.

Pembangunan jalan tembus Lembang-Sumedang rencananya akan dikerjakan 2021. Jalan ini berada di wilayah Kabupaten Bandung Barat,  Kabupaten Bandung, dan Kabupaten

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR