Pemkot Cimahi Lakukan Vaksin Rabies dan Flu Burung Gratis

Bandung Raya

Selasa, 12 Maret 2019 | 19:21 WIB

190312192157-pemko.jpg

Laksmi Sri Sundari

RATUSAN hewan berbagai jenis sudah mendapatkan vaksin rabies dan flu burung dalam dua minggu pelaksanaan vaksinasi secara cuma-cuma yang dilakukan Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi. Pelaksanaan vaksin rabies dan flu burung sendiri akan dilakukan hingga Juli 2019 di 15 kelurahan yang ada di Kota Cimahi.

Kepala Dispangtan Kota Cimahi, Supendi Heriyadi menjelaskan, pelaksanaan vaksin rabies dan flu burung dimulai sejak 27 Februari 2019 sampai 12 Juli 2019, dengan sasaran anjing, kucing, musang, ayam, entog, dan angsa.

"Sampai hari ini hewan yang sudah di vaksin sebanyak 179 ekor, terdiri dari  anjing 20 ekor, kucing 114 ekor, musang 2 ekor, ayam 33 ekor, entog 7 ekor, dan angsa 3 ekor," bebernya di Pemkot Cimahi Jalan Demang Hardjakusumah, Selasa (12/3/2019).

Selama dua minggu vaksinasi, baru dilaksanakan di tiga kelurahan, yakni Cibabat, Cipageran dan Citeureup. Pelaksanaanya sendiri ada yang melalui door to door, ada juga yang dipusatkan di satu lokasi.

"Iya gimana kondisi masing-masing lokasi kelurahan. Kalau Cipageran kemarin dan hari ini di RW 05 Nyalindung Kelurahan Citeureup, karena rumah antar pemilik jauh-jauh, jadi kita yang door to door. Kalau di wilayah perumahan atau perkotaan, biasanya dipusatkan di balai RW yang ditunjuk. Nanti masyarakat yang bawa hewannya," terang Supendi.

Jika saat jadwal yang sudah ditentukan tidak sempat membawa hewan peliharaanya untuk di vaksin, maka bisa dilaksanakan lagi kalau ada permintaan dari kelurahan, namun pelaksanaanya sesudah Iduladha. "Atau bisa datang ke  puskeswan untuk vaksinasi," ucapnya.

Diakui Supendi, animo masyarakat untuk memvaksin hewan peliharaanya cukup tinggi. Terbukti setiap pelaksanaan jumlahnya bisa mencapai puluhan. "Untuk yang belum begitu paham perlunya vaksinasi rabies dan flu burung, kami sekaligus memberikan sosialisasi dan membagikan leaflet. Vaksinasi ini diperlukam guna mencegah rabies dan flu burung," terangnya

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR