Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Bandung Tanam 2000 Pohon di KBU

Bandung Raya

Sabtu, 23 Februari 2019 | 20:39 WIB

190223204007-dinas.jpg

Retno Heriyanto/PR

MENANDAI 100 tahun Institusi Pemadam Kebakaran Indonesia, Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung tanam 2000 pohon di Kawasan Bandung Utara. Penanaman pohon keras sebagai pesan moral untuk mengispirasi pemerintah daerah dan masyarakat Kota Bandung untuk bersama-sama menjaga Kawasan Bandung Utara.

“Selama ini Kawasan Bandung Utara dijadikan kambing hitam sebagai penyebab banjir yang melanda Kota Bandung. Tapi apa wujud nyata dari warga Kota Bandung sendiri dalam menangani KBU yang jadi sumber bencana?,” ujar Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung, Ferdi Ligaswara, disela kegiatan Penanaman 2000 Pohon di KBU dalam rangka HUT 100 Tahun Damkar di Blok Cigagak, Kel. Palasari, Kec. Cibiru Kota Bandung, Sabtu (23/2/2019).

Dikatakan Ferdi, kegiatan yang dilaksanakan jajarannya di DKPB Kota Bandung memasuki tahun ketiga sebagai bentuk pesan moral sekaligus menginspirasi dinas atau instansi lain serta masyarakat.

“Kalau hanya sekedar berkeluh-kesah bencana dan mencari penyebabnya tidak akan pernah habisnya, tapi dibutuhkan upaya nyata dalam menanggulanginya,” ujar Ferdi kepada wartawan Pikiran Rakyat, Retno Heriyanto.

Sementara Kepala Seksi Bina Partisipasi Masyarakat DKPB Kota Bandung, Cecep Rustiana, mengatakan bahwa 2000 pohon ditanam di tanah milik Pemkot Bandung di KBU selama seminggu berturut-turut. Pohon yang ditanam merupakan pohon endemik asli Jawa Barat, kerjasama dengan Dinas Kehutanan Prov Jabar dan Dinas Pertanian Kota Bandung.

“Pohon yang ditanam sengaja merupakan pohon asli Jawa Barat dalam upaya pelestarian jenis pohon. Diantaranya Ki Jahar, Ki Hoe, Ki Sabun, Bayur, Salam, Huni, Sentong dan sejumlah pohon buah-buahan,” terang Cecep.

Mereka yang terlibat dalam aksi Penanaman 2000 Pohon di KBU dalam rangka HUT 100 Tahun Damkar, selain seluruh jajaran DKPB Kota Bandung, juga dari Satuan Relawan Kebakaran, Kelompok Pencinta Alam, Pramuka dan masyarakat umum. Selain di Blok Cigagak Palasari, penanaman pohon juga dilakukan di tanah milik Pemkot di wilayah KBU Kecamatan Cibiru, Ujungberung dan Mandalajati.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR