DPC KAI Bandung MoU Jalin Kerjasama dengan BBKH FH Unpas

Bandung Raya

Senin, 11 Februari 2019 | 21:44 WIB

190211214525-dpc-k.jpg

Lucky M. Lukman

DPC Kongres Advokat Indonesia (KAI) Kota Bandung melakukan penandatanganan MoU dengan Badan Bantuan dan Konsultasi Hukum FH Unpas. Acara penandatanganan dilakukan di Kampus Unpas, Jln. Lengkong Besar, Kota Bandung, Senin (11/2/2019).

Ketua DPC KAI Kota Bandung, Abidin mengatakan, kerjasama tersebut dilakukan sebagai bagian untuk membantu masyarakat yang tidak mampu, baik secara ekonomi maupun kedudukan strata sosial. Selain itu terdorong karena keinginan dalam penegakkan keadilan dan kedudukan yang sama di depan hukum.

"Jika kita lihat memang dalam berbagai contoh kasus sering kali hukum tumpul ke atas akan tetapi sangat tajam ke bawah. Disinilah yang dibutuhkan dari para advokat dalam membantu masyarakat menengah ke bawah dalam prosesi hukum," ujar Abidin kepada galamedianews.com.

Abidin menambahkan, profesi advokat atau penasihat hukum adalah profesi yang mulia dan terhormat. Mereka menjalankan tugas pekerjaan menegakkan hukum di pengadilan bersama jaksa dan hakim. Dimana dalam tugas pekerjaannya dibawah lindungan hukum dan Undang-Undang, dalam hal ini adalah Undang-Undang RI Nomor 18 Tahun 2003 Tentang Advokat.

"Advokat memang diharuskan mempunyai sebuah keberanian dalam mencari keadilan dengan mengesampingkan segala rasa takut kepada siapapun. Yang terpenting adalah fungsi advokat memberi bantuan hukum kepada siapapun guna mendapatkan keadilan," tutur Abidin.

Karena dasar itu, lanjut Abidin, mengapa Advokat harus memberikan bantuan hukum secara gratis. Khususnya bagi masyarakat yang tidak mampu dan lapisan bawah yang buta dengan hukum, baik terlibat masalah pidana ataupun masalah perdata.

"Itu salah satu alasan mengapa kami melakukan MoU dengan Badan Bantuan dan Konsultasi Hukum FH Unpas," tandasnya.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR