Mang Oded Minta Masyarakat Waspadai Bencana Hidrometeorologi

Bandung Raya

Senin, 11 Februari 2019 | 17:41 WIB

190211174227-mang-.jpg

Ginanjar Arief Pratama

KENDARAAN roda dua tertimbun material lumpur akibat banjir bandang di Balai Proteksi Tanaman Perkebunan, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung, Minggu (10/2/2019).

WALI Kota Bandung, Oded M Danial prihatin atas musibah banjir bandang yang melanda Komplek Jati Endah Regency, Desa Jatiendah Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung pada Minggu (9/2/2019) malam.

Dalam musibah tersebut telah mengakibatkan 2 unit rumah warga ambruk, 12 unit rumah terendam, dan 10 rusak ringan. Bahkan menimbulkan korban jiwa, dengan tiga orang warga yang meninggal dunia.

"Saya langsung mengumpulkan dan berkoordinasi dengan seluruh dinas terkait, juga dengan aparat kewilayahan untuk membantu proses evakuasi dan penanggulangan musibah ini," ungkapnya di Kawasan Jalan Sukabumi, Kota Bandung, Senin (11/2).

Menurut Oded, pihaknya telah mempersiapkan bantuan, juga berkoordinasi dengan aparat kewilayahan untuk membersihkan sisa dampak banjir bersama Tim Gober. Mengingat lokasi bencana ini, berbatasan dengan wilayah Kota Bandung, yakni Ujung Berung.

Dikatakannya, berdasarkan laporan yang diterimanya dampak banjir bandang tersebut, selain dirasakan oleh warga di Kawasan Ujung Berung tapi juga mengakibakan banjir Cileuncang di sebagian kawasan Gede Bage. Namun Ia meyakini hal tersebut dapat teratasi dengan cepat, karena biasanya banjir Cileuncang di kawasan tersebut tidak berlangsung lama.

"Kalau banjir di titik lain pasti sudah kami tanggulangi, apalagi biasanya banjir di Gede Bage dalam hitungan jam sudah surut," katanya.

Ia juga mengingatkan aparat kewilayahan dan warga untuk waspada bahaya bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor. Pasalnya, curah hujan di kawasan Bandung relatif masih tinggi.

"Begitu terjadi musibah di Cilengkrang, saya langsung koordinasi dengan dinas terkait, dengan lurah di kewilayahan. Saya minta mereka untuk cepat tanggap," ujarnya.

Mang Oded mengimbau kepada masyarakat agar peduli terhadap masalah sampah. Karena menjadi salah satu pemicu terjadinya banjir.

"Jangan sampai ada lagi yang buang sampah di sungai," imbuhnya.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR