Belum Ada Laporan Kerusakan Akibat Gempa Bumi

Bandung Raya

Senin, 11 Februari 2019 | 14:36 WIB

190211143848-belum.jpg

dok

KEPALA Stasiun Geofisika BMKG Bandung Tony Agus Wijaya menyebutkan, gempa bumi yang melanda Kabupaten Bandung, Senin (11/2/2019) sekira pukul 13.08 WIB berkekuatan magnitudo 4,1 tidak berpotensi tsunami.

Diberitakan sebelumnya, gempa berkekuatan 4,1 skala Richter terletak pada koordinat 7,27 LS dan 107,71 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 17 km Tenggara Kabupaten Bandung, pada kedalaman 10 km.

Ia mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter gempa tersebut maka gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Garut Selatan di sekitar wilayah tersebut.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi itu tidak berpotensi tsunami," kata dia.

Tony pun menambahkan, hingga saat ini belum ada laporan kerusakan dari masyarakat yang merasakan gempa di wilayah Bojongsoang, Banjaran dan Pangalengan.

Dia menambahkan sampai pukul 13:35 WIB dan berdasarkan hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempabumi susulan.

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata Tony.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR