OPD Cimahi Diminta Responsif Terhadap Pengaduan Masyarakat

Bandung Raya

Minggu, 10 Februari 2019 | 18:46 WIB

190210184932-opd-c.jpg

KEPALA Dinas Komunikasi Informasi Kearsipan dan Perpustakaan (Diskominfoarpus), Harjono meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lebih cepat menanggapi aspirasi dan pengaduan masyarakat. hal itu agar persoalan yang dihadapi  bisa segera ditangani.

Menurutnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB)  memiliki jalur aplikasi Lapor, begitupula di Kota Cimahi sudah punya pesan penduduk (pesduk) yang dimiliki sebagai aplikasi pengaduan masyarakat Cimahi yang sudah ada sejak 2007-2008.

"Pesduk sudah terintegrasi dengan aplikasi Lapor milik Kemenpan RB. Jadi orang yang melapor ke Pesduk itu akan tercatat di server Lapor Kemenpan RB. Kalau itu tidak ditindaklanjuti akan jadi catatan disana," terang Harjono saat dihubungi, Minggu (10/2/2019).

"Kami ingatkan kembali ke OPD jika ada laporan pengaduan dari masyarakat harus direspon. Itu kewajiban kita sebagai perangkat daerah untuk membantu wali kota dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi masyarakat," sambungnya.

Berdasarkan hasil survei 2018, baru 22 persen masyarakat yang mengetahui adanya Pesduk. Hal itu, kata Harjono, menjadi catatan pihaknya untuk berinovasi agar  masyarakat bisa lebih tahu lagi keberadaan Pesduk.

"Perlu sosialisasi, misalnya pasang spanduk atau dibikin benner. Diingatkan lagi kepada masyarakat kalau mau mengadu ke sini (Pesduk)," ujarnya.


Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR