Perusahaan di Jabar Diimbau Gunakan Jasa Satpam

Bandung Raya

Jumat, 8 Februari 2019 | 12:58 WIB

190208130316-perus.gif

net

DIREKTUR Binmas Polda Jabar Kombes Pol Badya Wijaya menghimbau, perusahan perusahan yang berada di wilayah hukum Polda Jabar dan menggunakan jasa satuan pengamanan (Satpam) untuk memberikan serta melakukan pelatihan agar bersertifikat. Hal itu dirasa perlu, karena satpam merupakan bantuan pengamanan Polri.

"Saat HUT Satpam 38 di GBK pak Kapolri sampaikan, salah satu tugas mereka (Satpam) yakbi salah satu aturan berjalan yang membantu tugas polisi. Maka darivitu, satpam harus bersertifikat," jelas Badya kepada wartawan, usai melakukan kegiatan Subuh Keliling (Suling), di Mesjid Assalam, di Kecamatan Regol, Kota Bandung, Jumat (8/2/2019).

Dikatakan Badya, untuk mendapatkan pelatihannya sendiri, para Satpam yang bersertifikat harus mengikuti pelatihanbyang di sebut Gada Pratama.

Hal itu sesuai peraturan Kapolri Nomor 24/2007 tentang sistem pengamanan manajemen perusahaan/instansi pemerintahan, setiap petugas keamanan wajib memiliki sertifikat Gada Pratama.

Gada Pratama merupakan pelatihan dasar wajib bagi setiap calon petugas keamanan dan bukan hanya memiliki badan bagus atau memiliki keahlian beladiri, namun harus memiliki sertifikat sebagai satpam

"Saat ini jumlah satpam yang ada di terdata di Polda Jabar mencapai 50 ribu," ungkapnya.

Untuk itu, ia mengingatkan kepada seluruh Satpam ataupun perusahaan untuk melakukan pelatihan tersebut. Karena sertifikat satpam, merupakan salah satu syarat yang harus didapat untuk menjadi bantuan pengamanan.

"Caranya lewat pendirian Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) di Binmas Polda," ujarnya.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR