Belum Berikan Kontribusi, Pemkab Bandung akan Evaluasi PT CBS

Bandung Raya

Jumat, 18 Januari 2019 | 17:53 WIB

190118175353-belum.jpg

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Bandung akan melakukan evaluasi terhadap PT Citra Bangun Selaras (CBS) yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Bandung.

Menurut Asisten Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Bandung, H. Marlan, selama ini BUMD yang belum memiliki bidang perusahaan yang jelas itu, kontribusi untuk Pemasukan Asli Daerah (PAD) bagi Kabupaten Bandung masih jauh dari harapan.

"Terakhir hanya Rp 55 juta. Dengan kontribusi dari PAD yang masih rendah ini, yang membuat Pemkab Bandung akan melakukan evaluasi secara menyeluruh," ujar Marlan saat diwawancarai di halaman Masjid Agung Al Fathu, Soreang, Kab. Bandung, Jumat (18/1/2019).

Marlan mengatakan, rencananya bulan depan pihaknya akan melakukan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) luar biasa. Evaluasi akan dilakukan terutama untuk menentukan arah usaha yang jelas dan menguntungkan ke depannya.

Dirinya menilai, selama ini PT CBS belum mempunyai jenis usaha yang jelas. Berbeda dengan dua BUMD lain di Kabupaten Bandung, seperti PT BPR Kertaraharja yang bergerak dalam usaha perbankan dan PDAM Tirta Raharja yang bergerak dalam pengelolaan air bersih.

"Karena jenis usaha yang belum jelas, jadi belum ada bisnis pasti yang menjanjikan. Makanya sudah lima tahun ini Pemkab Bandung tidak memberikan tambahan modal kepada PT CBS," katanya.

Selain belum memberikan kontribusi memuaskan, kata Marlan, untuk penyertaan modal juga harus dilakukan bersama dengan PT Karya Abadi Selaras (KAS) sebagai pemilik saham di PT CBS.

Ia menambahkan, PT KAS mempunyai saham sebanyak 25 persen dan Pemkab Bandung 75 persen. Jika akan memberikan penyertaan modal tambahan, maka harus ada kesepakatan antara kedua belah pihak.


Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR