Keren, Siswa SD dan SMP Muhammadiyah Bandung Bagikan Ratusan Pohon di CFD

Bandung Raya

Minggu, 13 Januari 2019 | 11:57 WIB

190113115815-keren.jpg

Rio Ryzki Batee

MEMPERINGATI hari sejuta pohon sedunia, siswa SD dan SMP Muhammadiyah membagikan ratusan bibit pohon kepada para warga yang datang di Car Free Day (CFD) Dago, Minggu (13/1/2019).

Terdapat sekitar 500 bibit pohon dengan beraneka ragam jenis. Mulai dari kedondong, mangga, belimbing, pucuk merah dan lain sebagainya.

Salah seorang siswa SMP Muhammadiyah 8 Bandung, M. Izharul Haq (15) mengatakan, bibit tersebut dikumpulkan bersama teman-temannya. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan.

"Kegiatannya positif, karena tanaman dan pohon bisa membantu mengurangi polusi," ungkapnya di CFD Dago, Jalan Djuanda, Kota Bandung.

Siswa kelas 9 tersebut, menuturkan, pembagian bibit tanaman dapat juga menjadi pembelajaran baginya dan teman-temannya. Terutama agar lebih peduli kepada alam, serta mengajak lingkungan sekitar untuk ikut berpartipasi.

"Sering juga menanam pohon dirumah, karena ada halaman kosong. Senang bisa ikut mengajak yang lain juga untuk memperhatikan alam," katanya.

Kepala SMP Muhammadiyah 8 Bandung, Taofik Yusmansyah menerangkan, melalui kegiatan ini, pihaknya ingin memberikan kontribusi dan membantu pemerintah dalam upaya program pelestarian alam. Terlebih dengan masifnya tingkat kerusakan alam, akibat ulah tangan manusia

"Ada PR besar yang menjadi tanggung jawab bersama, yaitu pelestarian lingkungan atau alam. Sehingga untuk mengembalikannya kita harus mulai dari hal kecil seperti menanam pohon, dan kembali menjaga serta memelihara lingkungan," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Sekolah SD 7 Muhammadiyah, Iwan Kurniawan mengatakan, saat ini mulai ada kekhawatiran akan kepedulian masyarakat terhadap alam dan pohon. Oleh karena itu, sikap peduli lingkungan harus ditanamkan sejak dini.

"Kami berharap akan kebermanfaatan dari pembagian bibit ini, dengan mengedukasi siswa dan masyarakat. Sehingga terus melakukan gerakan hidup sehat dan cinta alam," ujarnya.

Ia menambahkan gerakan cinta lingkungan ini, dapat diikuti oleh masyarakat maupun sekolah lainnya di Kota Bandung. Dalam rangka mengembalikan kembali keindahan dan keasrian, kota yang berjuluk kota kembang tersebut.

"Semoga semua termotivasi untuk menjaga lingkungan, agar lingkungan sekitar dan juga Kota Bandung semakin lebih baik," imbuhnya.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR