Kemenag Kota Bandung Tingkatkan Pelayanan Haji Melalui PTSP

Bandung Raya

Kamis, 10 Januari 2019 | 17:25 WIB

190110173011-kemen.png

KEPALA Kantor Kementerian Agama Kota Bandung, H. Yusuf Umar mengungkapkan, dalam pembangunan bidang agama selama tahun 2018, Kementerian Agama Kota Bandung telah melakukan penataan kelembagaan dalam rangka reformasi birokrasi. Salah satu yang dilakukan yakni membangun gedung pelayanan haji terpadu.

Gedung yang telah diresmikan secara langsung oleh pihak Direktorat Jenderal PHU Kemenag RI, Kepala Kanwil Kemenag Jabar dan Wali Kota Bandung ini diakui Yusuf sangat berdampak pada pelayanan haji tahun lalu. Menurutnya, Kota Bandung telah berperan dalam meningkatkan indeks kepuasan jemaah haji secara nasional.

"Pelayanan jemaah haji Kota Bandung dengan jumlah jemaah haji sebanyak 2.464 orang telah memberikan andil dalam tingkat kepuasan layanan haji di Indonesia," ujarnya kepada GM, di Kantor Kemenag Kota Bandung, Jalan Soekarno Hatta, Kamis (10/1/2019).

Tidak hanya itu, pihak Kemenag juga telah melakukan akreditasi bagi setiap Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH). Sehingga, KBIH-KBIH yang tidak sesuai regulasi tidak akan direkomendasikan bagi jemaah, bahkan diberikan peringatan hingga pencabutan izin operasional.

"Kita sudah berupaya meningkatkan kualitas pelayanan haji dengan dukungan regulasi. Juga sudah digelar akreditasi KBIH, pelatihan pembimbing calon jemaah dan pengelola KBIH. Untuk pelayanan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2018, secara nasional indeks kepuasan layanan jemahaan haji meningkat dari 84,85 persen menjadi 85,23 persen," katanya.

Tidak hanya bagi layanan haji, rencananya, pada tahun 2019 ini, Kemenag akan mewujudkan pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) di semua bidang. Hal ini dilakukan untuk peningkatan pelayanan bagi masyarakat, khususnya di Kota Bandung.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR