181011173814-penja.png

Penjaringan Calon Sekda Baru Kabupaten Bandung Masuk Tahap Persiapan

Bandung Raya

Kamis, 11 Oktober 2018 | 17:37 WIB

Wartawan: Ziyan

PENJARINGAN jabatan untuk Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung mulai memasuki tahapan persiapan. Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Bandung, saat ini sedang melakukan konsultasi dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Barat dan Komisi Aparatur Sipil Nasional (ASN).

Kepala BKPP Kabupaten Bandung, Erik Juriara melalui Kabid Pengembangan Karir, Teguh Purwadi mengatakan, jabatan Sekda yang sekarang masih diduduki oleh Sofian Nataprawira mulai memasuki masa pensiun. Walau demikian, tahapan penjaringan calon Sekda belum dimulai.

"Belum dimulai penjaringan, kami dari BKPP baru melakukan konsultasi dengan Komisi ASN dan BKD Jabar. Untuk tahapan penjaringan akan dilakukan secara terbuka, sesuai aturan dalam UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN dan PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang manajemen PNS," ujar Teguh saat ditemui di Kantor BKPP Kabupaten Bandung, Soreang, Kamis (11/10/2018).

Teguh menuturkan, setelah adanya rekomendasi hasil konsultasi, pihaknya baru akan membentuk tim seleksi dan mengumumkan penerimaan calon secara publik.

Saat ini, lanjut dia, Pemerintah Pusat sudah mengeluarkan Sistem Jabatan Pimpinan Tinggi (Sijapti) untuk penjaringan calon tersebut. Sehingga, seleksi calon Sekda akan dilaksanakan secara terbuka atau open biding.

"Dengan Sijapti, pelamar calon Sekda bisa dari Kabupaten Bandung atau dari luar daerah," katanya.

Menurutnya, walau jabatan sekda saat ini masih diisi, pihaknya terus melakukan konsultasi dan koordinasi untuk meminta izin melakukan open biding.

"Sampai saat ini belum ada satu orangpun yang melakukan pendaftaran. Karena, tahapan penjaringannya belum dimulai," ujarnya.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR