180914193816-dishu.jpg

Laksmi Sri Sundari

Dishub Kota Cimahi Rutin Razia Mobil dan Bus

Bandung Raya

Jumat, 14 September 2018 | 19:38 WIB

Wartawan: Laksmi Sri Sundari

UNTUK mengantisipasi kecelakaan lalulintas, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi secara berkala melakukan razia mobil dan bus yang tidak melakukan pengujian kendaraan berkala atau uji KIR. Razia tersebut dilakukan bersama pihak kepolisian.

Kepala Seksi (Kasi) Angkutan Dishub Kota Cimahi, Ranto Sitanggang mengatakan, razia gabungan rutin dilakukan lantaran pihaknya tak ingin kecelakaan akibat kelalaian penyedia jasa angkutan terjadi di Kota Cimahi. Seperti kecelakaan bus yang masuk jurang di Desa Cikidang, Sukabumi beberapa waktu lalu.

"Makanya kita melakukan razia gabungan, kita tak ingin lakalantas bus seperti di Sukabumi akibat bus tidak melakukan uji KIR selama dua tahun terjadi di Cimahi," terangnya saat ditemui di Pemkot Cimahi Jln. Demang Hardjakusumah, Jumat (14/9).

Selain melibatkan aparat kepolisian dalam melakukan razia gabungan tersebut, pihaknya juga melibatkan anggota TNI, bahkan langsung diawasi anggota Komisi III DPRD Kota Cimahi.

Menurut Ranto, uji KIR bagi penyedia jasa angkutan, khususnya bus tersebut sangat penting untuk dilakukan. Untuk itu pihaknya akan terus melakukan pengawasan.

"Saat operasi gabungan ada bus yang belum melakukan uji KIR, tapi mereka surat kendaraanya lengkap. Kami dan aparat kepolisian hanya memberikan imbauan dan menyarankan untuk segera melakukan uji KIR," imbuhnya.

Namun jika dikemudian hari bus yang telah terdata belum mengajukan uji KIR tersebut, pihaknya bersama aparat kepolisian akan melakukan penilangan dan melarang mobil busnya untuk dioperasikan.

Editor: Endan Suhendra



Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR