180914170632-kebut.jpg

Anthika Asmara

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Barat menggelar konferensi pers terkait rekrutmen CPNS di Pemprov Jabar di Gedung Sate, Kota Bandung Jumat (15/9/2018).

Kebutuhan CPNS di Jawa Barat Mencapai 1.085 Formasi, Pendaftaran Dibuka 19 September 2018

Bandung Raya

Jumat, 14 September 2018 | 17:06 WIB

Wartawan: Anthika Asmara

KEBUTUHAN Aparatur Sipil Negara (ASN) di Jawa Barat  meliputi tiga bidang yaitu tenaga pendidik, kesehatan dan infrastruktur. ASN ini dibutuhkan untuk lingkup pemerintah provinsi Jawa Barat.

Kepala Badan Kepagawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Barat Sumarwan Hadisumarto mengatakan pihaknya mengusulkan perekrutan CPNS kepada Badan Kepagawaian Negara (BKN) sejak Maret 2019 lalu. Ini untuk mengantisipasi defisit jumlah PNS akibat pensiun.

"Kebutuhan kami adalah tenaga pendidik, kesehatan dan infrastruktur, dan ini akan menjadi prioritas untuk rekruitmen," kata Sumarwan, dalam konferensi pers di Gedung Sate jalan Diponegoro, kota Bandung, Jumat (14/9/2018).

Dari 1.085 jumlah CPNS ini, kata Sumarwan, sebanyak 925 akan ditempatkan untuk  tenaga pendidik, sebanyak 90 tenaga kesehatan dan 69 di bidang infrastruktur.

"Dan satu CPNS untuk tenaga honorer kategori dua. Namun batas usianya tidak boleh dari 35 tahun," ujar dia.

Sumarwan mengatakan, pendaftaran diperkirakan akan dibuka pada 19 September 2018. Namun bisa mundur dari jadwal, sekitar satu sampai dua hari. Sumarwan tambahkan, pendaftaran akan dilaksanakan serentak bersama provinsi lainnya.

"Kalau di sini (Jabar) duluan nanti ada masyarakat yang dari provinsi luar masuk ke sini," katanya.

Sumarwan menambahkan, Kota Bandung jadi daerah di Jabar terbanyak mengajukan CPNS yaitu sebanyak 714. Sedangkan terkecil adalah Kabupaten Sukabumi hanya 111 CPNS. Sedangkan Kabupten Cianjur dan Kabupaten Kuningan  tidak akan mengadakan perekrutan baru.

Lebih lanjut, pihaknya perlu waktu tiga minggu hingga satu bulan untuk memverifikasi pendaftar melalui internet. Rencananya, dia sampaikan, pelaksanaan teknis digelar pada 16 Oktober mendatang.

Pihaknya juga sudah mentantisipasi banyaknya jumlah para peserta pada proses testing. Mengingat akan lebih berlipat dari jumlah penerimaan, yaitu sebanyak 1.085 CPNS.

"Provinsi Jabar kita punya lima titik diselenggarakannya test, pertama di STT Telkom (Kabupaten Bandung), Stadion Olahraga Arcamanik (Kota Bandung), Hotel Radiant (Cirebon), Tasikmalaya dan Kabupaten Bogor," tuturnya.

Editor: H. Dicky Aditya

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR