180914165312-anggo.jpg

Dok Humas Pemkab Bandung

Bupati Bandung Dadang M. Naser saat peluncuran pembangunan Pasar Ikan Modern (PIM) Sabilulungan, baru-baru ini.

Anggota DPR RI Apresiasi Pembangunan Pasar Ikan Modern di Kabupaten Bandung

Bandung Raya

Jumat, 14 September 2018 | 16:53 WIB

Wartawan: Engkos Kosasih

RENCANA pembangunan Pasar Ikan Modern (PIM) Sabilulungan kabupaten yang diluncurkan oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan RI bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bandung diapresiasi oleh H. Cucun Ahmad Syamsurijal,  S.Ag., Anggota DPR RI asal Kabupaten Bandung.

"Pasar ikan ini saya optimis  akan menumbuhkan potensi daerah khususnya Kabupaten Bandung. Apalagi di era teknologi informasi ini, kita bisa memanfaatkan untuk  mengenalkan sekaligus membranding bahwa Bandung sebagai  lumbung budidaya ikan," kata Cucun kepada galamedianews.com, Jumat (14/9/2018) sore.

Cucun berharap dengan adanya pasar itu akan meningkatkan konsumsi ikan  masyarakat Indonesia. Ia pun mencontohkan, Jepang  sekarang ini sudah mengkonsumsi 86 kg per kapita/tahun. Indonesia baru pertama kali menginjak di atas 40 kg per kapita tahun 2016.

Cucun menuturkan,  program yang baru diluncurkan Bupati Bandung pun terkait ikan Lele Sangkuriang mesti diapresiasi itu sejalan dengan pembangunan pasar ikan ini. Tetapi, pemerintah daerah pun mesti mensosialisasikan pasar ikan tersebut agar sinergis dengan para  pembudidaya ikan.

"Tugas pemerintah daerah kini harus serius menangangi pemberdayaan petani budidaya ikan tawar. Agar, mereka semangat untuk mengelola. Harus gencar sosialisasi supaya masyarakat gencar makan ikan dan support lahan kosong agar masyarakat mampu memanfaatkan lahan untuk pendapatan warga," paparnya.

Anggota Komisi IV DPR RI ini menaruh harapan besar jika pasar ikan sudah dibuka, konsumi ikan pun akan naik. Tujuannya, agar mengimbangi dengan  konsumsi daging.

"Kandungan protein ikan lebih besar dan bisa membuat orang cerdas," ujarnya.

Politisi asal Partai Kebangkitan Bangsa ini akan mendukung penuh program pasar ikan tersebut. Apalagi Kementrian Kelatuan dan Perikanan (KKP) merupakan mitra dari Komisi IV yang. Ia akan mendorong pemerintah pusat supaya membantu terwujudnya pasar ikan modern.

"Selain itu pula, potensi pengelolaan ikan meningkat dan saya berharap bahwa kebutuhan ikan di Jawa Barat bisa disupply," ujarnya.

Editor: H. Dicky Aditya



Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR