180914160222-bagik.jpg

Engkos Kosasih

Bagikan 14.214 Nasi Bungkus, Relawan Jabar Berbagi Pecahkan Rekor ORI Award

Bandung Raya

Jumat, 14 September 2018 | 16:02 WIB

Wartawan: Engkos Kosasih

RELAWAN Jawa Barat melakukan pembagian 14.000 nasi bungkus/kotak secara serentak di 13 kota dan kabupaten di Jawa Barat, Jumat (14/9/2018). Sebelumnya pembagian nasi kotak itu direncanakan sebanyak 10.000 porsi, namun bertambah menjadi 14.214 porsi.

Membagikan 14.000 nasi kotak serentak se-Jawa Barat itu di antaranya  dilaksanakan di Gedung Serbaguna Komplek Bumi Rancaekek Kencana, Kelurahan Rancaekek Kencana, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung.

Selain berbagi nasi kotak di Kabupaten Bandung, juga dilaksanakan kegiatan serupa di Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Sumedang, Garut, Kota/Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten/Kota Sukabumi, Cianjur, Kabupaten Bogor, Purwakarta, dan Bekasi. Pembagian nasi bungkus/kap dengan sasaran anak yatim, fakir miskin dan dhuafa itu di antaranya dibagikan di sejumlah masjid pasca salat Jumat, selain dilaksanakan sejak Jumat pagi hingga siang hari.

Pembagian belasan ribu nasi bungkus itu mendapat penghargaan dari Original Rekor Indonesia (ORI) Award, karena dinyatakan aksi sosial pembagian nasi bungkus terbanyak di Indonesia yang dilaksanakan relawan Jabar Berbagi ini.

ORI Award pun secara simbolis menyerahkan piagam penghargaan kepada Camat Rancaekek Baban Banjar, Penggagas Berbagi 10.000 Nasi Kotak Sucahyo, Yayasan Berbagi Senyum dan pihak lainnya yang terlibat dalam aksi sosial tersebut.

Penggagas berbagai 10.000 Nasi Serentak yang Dilaksanakan Rrelawan Jawa Barat Berbagi H. Sucahyo mengatakan, pembagian nasi bungkus ini sudah dilaksanakan hingga mencapai sebanyak 14.214 bungkus/kotak dari sebelumnya yang ditargetkan 10.000 nasi kotak.

"Membagikan 14.214 nasi kotak itu melibatkan 57 komunitas atau relawan di Jabar, dari yang disiapkan sebelumnya 10.000 porsi nasi kotak. 14.214 nasi kotak ini diadakan dengan cara patungan atau berjamaan," kata Sucahyo di sela-sela membagikan nasi kotak kepada masyarakat di Rancaekek.

Sucahyo menyatakan, melaksanakan aksi sosial ini bertujuan menyatukan komunitas di Jabar agar dapat membantu warga miskin, kaum dhuafa maupun anak yatim yang tersebar di sejumlah kabupaten dan kota di Jabar.

"Kita berharap menggelar kegiatan ini secara kontinyu atau terus menerus, khususnya dalam pembagian nasi kotak, selain kegiatan lain yang bisa dilaksanakan para komunitas," kata Sucahyo.

Ia mengatakan, target dan sasaran kegiatannya adalah yatim piatu, panti asuhan, dhuafa dan fakir miskin. Sucahyo pun menyatakan, dengan membagikan nasi kotak kepada warga yang membutuhkan itu dinilai lebih bermanfaat karena bisa langsung dikonsumsi.

"Kegiatan sosial dengan melibatkan swadaya para komunitas ini baru pertama kali dilaksanakan. Kami berharap kegiatan yang melibatkan para relawan ini terus kontinyu, tak hanya dilaksanakan hari ini. Banyak program yang dilakukan dengan cara berjamaah dan manfaatnya akan sangat terasa oleh masyarakat," kata Sucahyo.

Presiden ORI Agung  Elfiyanto menyatakan, ORI mencatat sejarah baru di Indonesia dalam pembagian 10.000 porsi nasi bungkus atau nasi kotak yang dibagikan kepada anak yatim, dhuafa, dan fakir miskin.

Pihaknya pun memberikan apresiasi kepada para penggagas berbagai 10.000 nasi bungkus yang dilaksanakan para relawan se-Jabar tersebut. Ori pun dalam memberikan penghargaannya pun tidak menonjolkan rekornya, melainkan pembagian nasi bungkusnya yang merupakan bagian dari amal terhadap sesama manusia.

"ORI berharap kepada para relawan lainnya bisa melakukan kegiatan yang sama. Mereka sama-sama bisa melaksanakan aksi sosial kepada warga yang tak mampu," harapnya.

Agung berharap kegiatan seperti ini dapat memotivasi kepada para relawan lainnya. "Besar harapan saya, untuk acara (aksi sosial) ini bisa berkelanjutan," katanya.

Sama halnya yang dikatakan Vice Presiden ORI Guruh Susanto. Menurutnya, pembagian 10.000 kotak nasi ini merupakan sejarah baru yang dilakukan para relawan di Jabar yang dilaksanakan serentak.

"Hari ini telah terjadi sejarah baru pembagian 10.000 kotak nasi se-Jabar yang dilakukan para relawan Jabar yang  diadakan serentak di 13 kota/kabupaten  di Jabar," ungkap Guruh.

Guruh berharap, aksi sosial ini diikuti oleh para relawan di kota dan kabupaten lainnya.

Editor: H. Dicky Aditya



Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR