180810164500-dishu.jpg

Laksmi Sri Sundari

Dishub Kota Cimahi Tempatkan Petugas di Leuwigajah

Bandung Raya

Jumat, 10 Agustus 2018 | 16:45 WIB

Wartawan: Laksmi Sri Sundari

DINAS Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi menempatkan sejumlah petugas untuk melakukan pengawasan di ruas Jalan Mahar Martanegara atau Leuwigajah. Pasalnya masih banyak angkutan barang yang melintas di kawasan tersebut, padahal sudah ada larangan melintas pada jam-jam tertentu.

Dalam beberapa tahun terakhir ini, Dishub Kota Cimahi sudah memberlakukan pembatasan jam operasional kendaraan besar di kawasan Leuwigajah. Kendaraan berat atau angkutan barang dilarang melintas di jalan tersebut pada pagi yakni mulai pukul 06.00 sampai 09.00 WIB, dan sore hari mulai 16.00 sampai 18.00 WIB, karena jam-jam tersebut padat dengan kendaraan.

Kepala Seksi (Kasi) Angkutan Dishub Kota Cimahi, Ranto Sitanggang mengatakan, pengawasan dan penindakan terhadap pelanggaran pembatasan jam operasional angkutan barang di ruas Jalan Mahar Martanegara merupakan tindak lanjut dari pengaduan masyarakat kepada Wali Kota Cimahi, Ajay M. Priatna.

"Masyarakat khususnya di wilayah Leuwigajah menyampaikan keluhan kepada Wali Kota Cimahi ketika pertemuan dengan warga setempat pada hari Rabu kemarin (8/8). Masyarakat mengeluh dengan kemacetan di ruas jalan Leuwigajah ketika jam-jam sibuk, yaitu pagi dan sore hari. Hal ini dikarenakan masih banyak Angkutan Barang yang melintas pada pagi dan sore hari," terang Ranto di kantor Pemkot Cimahi Jln. Demang Hardjakusuma, Jumat (10/8/2018).

Melihat situasi tersebut pihak Dishub Kota Cimahi menurunkan petugas untuk melakukan pengaturan, pengawasan dan penindakan terhadap angkutan barang yang masih melintas dan melanggar pembatasan jam operasional angkutan barang di ruas jalan Mahar Martanegara.

"Selain itu dilakukan pemasangan pembatas jalan berupa water barrier untuk menciptakan tertib berlalu lintas di ruas jalan tersebut," terangnya.

Disebutkan Ranto, petugas Dishub Kota Cimahi yang melakukan pengaturan, pengawasan dan penindakan di ruas jalan Mahar Martanegara dilakukan selama dua hari berturut-turut, yaitu pada hari Kamis (9/8) dan Jumat (10/8).

"Dengan penempatan petugas, Alhamdulillah kemacetan di ruas jalan Leuwigajah bisa terurai dan lancar. Ini menandakan bahwa masyarakat kita hanya patuh apabila ada petugas yang berjaga," katanya.

Kegiatan tersebut lanjut Ranto merupakan kegiatan insidentil yang dilakukan sebagai tindak lanjut dari keluhan masyarakat. "Kedepan, kita akan melakukan pengawasan intensif untuk menekan angka pelanggaran di ruas jalan tersebut. Dan semoga dapat berdampak terhadap menurunnya kemacetan di sekitar Leuwigajah," harapnya.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:



BERITA LAINNYA

KOMENTAR