180806200434-petug.jpg

Remy Suryadie

Petugas Rutan Kebonwaru Gagalkan Penyelundupan Sabu-sabu

Bandung Raya

Senin, 6 Agustus 2018 | 20:04 WIB

Wartawan: Remy Suryadie

PENYELUNDUPAN narkotika jenis sabu berhasil digagalkan petugas Rumah Tahanan (Rutan) Kebonwaru Kota Bandung. Sabu tersebut ditemukan di kantong celana napi usai menerima kunjungan dari sesorang luar Rutan.

Kepala Pengamanan Rutan Kebonwaru Bandung, Alvianto mengatakan, pengungkapan tersebut berawal ketika seorang napi berinisial TP menerima kunjungan dari orang yang mengaku temannya pada Senin (6/8/2018).

"Setelah selesai kunjungan, TP digeledah petuga sebelum kembali ke selnya. Lalu kita temukan sabu yang dibungkus plastik kecil di saku celananya, kira-kira satu gram," ucap Alvianto di Rutan Kebonwaru.

Dari hasil pemeriksaan, kata Alvianto, TP mengaku sabu tersebut bukan untuk dirinya, melainkan temannya berinisial DP yang juga merupakan napi Rutan Kebonwaru Bandung.

"Setelah diperiksa, jadi barang itu katanya untuk digunakan oleh si DP. Untuk TP ini kasus curanmor dan dihukum 2,5 setengah tahun, kalau DP sebelumnya kasus narkoba dengan hukuman kurang lebih lima tahun," ucap dia.

Pihak Rutan pun berkoordinasi dengan Polrestabes Bandung mengenai kasus tersebut. Kini TP dan DP mendekam di sel isolasi Rutan Kebonwaru Bandung.

"Keduanya masuk sel isolasi selama 1x6 hari dan diperpanjang 2x6 hari. Kita serahkan juga kasus ini ke Polrestabes Bandung," kata Alvianto.

Alvianto mengatakan, pihaknya akan terus berupaya memberantas apabila ada peredaran narkotika di dalam Rutan. Selama 4 bulan, petugas berhasil mengagalkan dua kali masuknya narkoba ke dalam Rutan.

"Kita tetap melakukan pemeriksaan secara manual maupun menggunakan metal detector. Kita terus berupaya mengagalkan peredaran narkotika meskipun ada yang terus mencari celah agar narkotika bisa lolos masuk," kata dia.



Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:



BERITA LAINNYA

KOMENTAR