180711204258-dp2kb.jpg

Dicky Mawardi

DP2KBP3A Kab. Bandung Barat Laksanakan Pelayanan Implan Serentak

Bandung Raya

Rabu, 11 Juli 2018 | 20:42 WIB

Wartawan: Dicky Mawardi

DINAS Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Bandung Barat (KBB)  bekerja sama dengan Dinas Kesehatan KBB melaksanakan pelayanan pemasangan implan serentak di 16 kecamatan, Rabu (11/7/2018). Pelayanan berupa pemasangan implan dan IUD, baik cabut maupun bongkar pasang.

"Implan dan IUD merupakan alat kontrasepsi yang efektif untuk mengatur jarak kehamilan wanita yang menjadi pasangan usia subur dengan rentang waktu hingga 3 tahun. Dengan pemasangan alat kontrasepsi seperti ini,  sangat dimungkinkan memberikan kepastian pengaturan kelahiran dan terhindar dari lupa atau malas,  karena memiliki waktu yang pasti. Implan dan IUD  merupakan alat kontrasepsi jangka panjang," kata Kepala DP2KBP3A KBB Asep Wahyu di Ngamprah, Rabu (11/7/2018).

Ia mengungkapkan, dalam pelayanan serentak itu berhasil meraih 627 akseptor baru implan, dan 80 akseptor yang berpindah dari suntik ke implan. Jadi keseluruhan akseptor baru Metode KB Jangka Panjang (MKJP) sebanyak 707 akseptor.

"Dengan demikian target atau PPM akseptor baru MKJP  yang diberikan pemerintah untuk KBB berhasil terlampaui lebih dari 150 persen. Sebuah kebanggaan bagi KBB. Kami ingin mengucapkan terima kasih atas terlaksananya pelayanan serentak ini. Terutama kepada para petugas  Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di lapangan seperti kepala UPT KB, PLKB, TPD dan para bidan di setiap puskesmas. Juga terima kasih kepada Dinkes sebagai mitra terdepan dalam pelayanan KB. Semoga para petugas di lapangan tetap sehat. Semangat dan kompak mengabdi," tandasnya.




Editor: Dadang Setiawan



Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR