180711134135-inkin.jpg

Rio Ryzki Batee

Sonny BM Tamjid

Inkindo Siap Bantu Gubernur Baru Bangun Jabar

Bandung Raya

Rabu, 11 Juli 2018 | 13:41 WIB

Wartawan: Rio Ryzki Batee

DENGAN munculnya pemerintahan baru seiring berakhirnya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018, pembangunan infrastruktur diprediksi akan mengikuti kebijakan pemimpin baru di setiap daerah termasuk Jawa Barat.

Melihat hal tersebut Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo) akan bersinergi dengan pembangunan infrastruktur yang masif di Indonesia. Terlebih dengan ikutnya ambil bagian dalam menyusun kebijakan yang berkaitan sejumlah proyek infrastuktur strategis.

"Sejauh ini kami diberikan banyak kemudahan dan akan terus bersinergi mengikuti kebijakan pemimpin yang ada. Terlebih hampir semua proyek besar dari negara donor seperti dari World Bank di Indonesia sudah bekerjasama dengan anggota-anggota Inkindo," ungkap Bendahara Umum Dewan Pengurus Nasional (DPN) Inkindo, Sonny BM Tamjid di Harris Hotel Festival Citylink, Jalan Peta, Kota Bandung, Rabu (11/7/2018).

Menurutnya, beberapa usulan pihaknya terkait permohonan semua perusahaan asing yang melakukan ekspansi di Indonesia untuk bisa kerjasama dengan perusahaan lokal, sudah diterima pemerintah dan dibuktikan dengan Permen Bappenas.

Lebih jauh, pihaknya juga memberikan masukan terkait perubahan Peraturan Presiden (perpres) terkait pengadaan barang dan jasa di Indonesia. Dalam perpres terbaru yakni Perpres No 16 tahun 2018, beberapa usulan Inkindo pun diakomodasi dan diterapkan.

"Yang paling dirasakan manfaatnya ada pada dua hal yakni terkait ketentuan dalam penunjukan langsung (PL) dan tata cara pelelangan serta pengadaan. Hal ini lebih mempermudah kita, juga menuntut kita sebagai konsultan untuk lebih profesional," tuturnya.

Disinggung terkait pembangunan infrastruktur di wilayah Jawa Barat, lanjutnya, Pihaknya berharap gubernur yang baru dapat bekerjasama lebih baik, termasuk melibatkan Inkindo dalam setiap rencana pembangunan infrastruktur.

Mengingat sebagai organisasi perusahaan konsultan, pihaknya bisa memberikan berbagai macam masukan dan saran,agar pembangunan infrastruktur di Tataran Sunda yang sudah berjalan dapat lebih baik lagi kedepannya.

"Kita belum tahu apa yang ingin dicapai oleh pemimpin Jawa Barat nanti, karena setiap pemimpin tentu berbeda-beda. Tapi kami yakin kerjasama serta keterlibatan Inkindo kedepan pun akan lebih baik," terangnya.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:



BERITA LAINNYA

KOMENTAR