180708182001-pemko.jpg

Rio Ryzki Batee

Ema Sumarna

Pemkot Bandung Optimis Raih Target Pajak Sebesar Rp2,6 Triliun

Bandung Raya

Minggu, 8 Juli 2018 | 18:20 WIB

Wartawan: Rio Ryzki Batee

BADAN Pengelola Pendapatan Daerah (BPPD) Kota Bandung optimis mencapai target raihan pajak tahun 2018 sebesar Rp. 2,640 Triliun. Hal itu berlandaskan tren positif pendapatan pajak Kota Bandung yang terus mengalami peningkatan secara signifikan dalam lima tahun terakhir.

Kepala Badan Pengelola Pendapatan Daerah (BPPD) Kota Bandung, Ema Sumarna menjelaskan target pajak pada tahun ini mengalami peningkatan sebesar Rp705 miliar dari tahun 2017, yakni Rp2,175 triliun.

"Target ini harus kita upayakan dengan kinerja dari seluruh pihak. Maka untuk pendapatan pajak di tahun ini diharapkan harus lebih baik dari tahun sebelumnya, maka kami mengembangkan menjadi Rp2,64 triliun," ujarnya usai acara sosialisasi pajak di Jln. Singgasana, Kota Bandung, Minggu (8/7).

Menurutnya, peningkatan target pendapatan pajak tersebut karena berdasarkan data sensus pajak bumi dan bangunan (PBB), Kota Bandung memiliki peluang potensi tambahan pendapatan sebesar Rp72 miliar. Ditambah dengan kalkulasi piutang dari masyarakat yang belum membayar pajak pada tahun sebelumnya.

Kendati demikian, Ema mengakui, target pendapatan pajak Kota Bandung baru mencapai Rp95 miliar dari peningkatakan pajak sebesar Rp705 miliar tersebut. Itu disebabkan adanya faktor kebiasaan masyarakat yang selalu membayar pajak di akhir mendekati masa jatuh tempo.

"Juga dengan momentum Ramadhan dan libur panjang Hari Raya Idulfitri, maka masyarakat mengeluarkan biaya ekstra. Termasuk beberapa biaya prioritas lainnya yakni masuknya masa pendaftaran sekolah," katanya.

Ema menambahkan, dengan momentum besar tersebut yang berdampingan dalam waktu dekat, maka potensi pendapatan pajak yang hilang sekitar Rp30-40 Miliar.

"Memang selama tren lima tahun terakhir, budaya masyarakat tersebut tidak berubah untuk adanya prioritas lain. Setelah prioritas tersebut selesai baru warga Kota Bandung fokus pada pembayaran pajak, yang biasanya mendekati jatuh tempo," ucapnya.

Disinggung pendapatan pajak, Eme mengatakan, pendapatan pajak daerah Kota Bandung terus mengalami peningkatan setiap tahunnya secara signifikan. Bahkan jika ditarik dari pendapatan pajak sejak tahun 2013, maka terjadi peningkatan lebih dari Rp1 triliun di tahun 2017 kemarin.

Pendapatan pajak daerah pada tahun 2013 berada di angka Rp1 triliun. Kemudian tahun 2014 menjadi Rp1,4 triliun. Lalu tahun 2015, Rp1,490 triliun. Meningkat lagi pada tahun 2016, menjadi Rp1,715 trilun, dan pada tahun 2017 mencapai angka R2,175 triliun.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:



BERITA LAINNYA

KOMENTAR