180708174518-hanur.jpg

Rio Ryzki Batee

Hanura Kota Bandung Tolak Bacaleg Mantan Koruptor

Bandung Raya

Minggu, 8 Juli 2018 | 17:45 WIB

Wartawan: Rio Ryzki Batee

DPC Hanura Kota Bandung berkomitmen menolak bakal calon legislatif (bacaleg) yang memiliki latar belakang kasus korupsi.

"Memang saat ini masih penggodokan di pusat untuk hal tersebut. Tapi kami menolak keras segala bentuk korupsi termasuk bacaleg yang pernah tersangkut kasus tersebut untuk ikut mendaftar di Hanura Kota Bandung," ungkap Ketua DPC Hanura Kota Bandung, Endun Hamdun di kantornya, Jalan Ters. Jakarta, Kota Bandung, Minggu (8/7/2018).

Menurutnya, hal tersebut sangat penting untuk melahirkan perwakilan partainya yang bersih terutama dari kasus korupsi. Sehingga pihaknya akan menyeleksi yang cukup ketat, terkait persoalan hukum bagi perwakilannya yang akan maju dalam Pileg 2019 mendatang.

"Kami ingin menjadikan perwakilan Hanura merupakan sosok yang bersih, sehingga tidak tersangkut kasus hukum apapun terutama korupsi," katanya.

Terkait pendaftaran bakal caleg, Ia menjelaskan bahwa saat ini sudah memasuki tes terakhir yakni fit and proper test, dimana terdapat 70 orang yang telah mendaftar. Pihaknya akan melakukan seleksi sehingga yang didaftarkan ke KPU Bandung sekitar 50 orang.

Setelah selesai melakukan berbagai tahapan bagi bacaleg, pihaknya kemudian akan mendaftarkan ke KPU Kota Bandung. Pendaftaran tersebut rencananya akan dilakukan pada sebelum akhir jadwal yakni 17 Juli mendatang.

Selain itu, untuk bacaleg perempuan maka akan mengikuti peraturan KPU yakni 30 persen. Sehingga dari setiap daerah pemilihan (dapil) akan ada bacaleg perempuan yang maju.

"Sesuai peraturan dari KPU Kota Bandung yakni 30 persen, jadi kalau dari suatu dapil ada 9 orang maka paling tidak 3 orang merupakan dari gender perempuan," ujarnya.

Disinggung mengenai target, lanjutnya, pihaknya menargetkan minimal delapan kursi dari Hanura di DPRD Kota Bandung pada periode mendatang.

"Saat ini ada 6 kursi Hanura, maka kami mempunyai target paling tidak 8 kursi untuk periode selanjutnya," imbuhnya.

Editor: Brilliant Awal



Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR