180707175112-rekor.jpg

Engkos Kosasih

Rekor Makan Opak Terbanyak Terjadi di Rancaekek

Bandung Raya

Sabtu, 7 Juli 2018 | 17:51 WIB

Wartawan: Engkos Kosasih

ORIGINAL Rekor Indonesia (ORI) mencatat sejarah baru kategori makan opak serentak terbanyak yang melibatkan ratusan warga. Kegiatan ini dilakukan di sela-sela peresmian Gedung Serba Guna (Dome) di Komplek Perumahan Rancaekek Kencana, Kelurahan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Sabtu (7/7/2018).

Masyarakat yang hadir di Dome tersebut makan satu buah opak yang menjadi makanan tradisional asal Desa Linggar, Kecamatan Rancaekek. Makan opak secara serentak itu langsung diawali dengan membaca kalimah tata cara umat muslim sebelum makan.

Hadir dalam kegiatan itu Bupati Bandung H. Dadang M. Naser, Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Bandung H. Cecep Suhendar, Camat Rancaekek Baban Banjar dan sejumlah pihak terkait lainnya.

"Hari ini tercatat secara nasional dan sejarah baru makan opak terbanyak. Ini rekor baru. Berapapun jumlah pesertanya akan menjadi sejarah dan tercatat pada ORI," kata Kepala ORI, Agung Elfiyanto.

Menurut Agung, peserta makan opak terbanyak itu memecahkan ORI. "Saya berharap opak menjadi ikon makanan kuliner di Jawa Barat," harap Agung.

Pada kesempatan yang sama, ORI menganugerahkan Bupati Bandung H. Dadang M. Naser sebagai Duta Original Indonesia. Penganugerahan Duta ORI itu berkaitan dengan Dadang sebagai pemerhati seni dan budaya di Indonesia, khususnya seni badawang yang dilestarikan masyarakat Rancaekek. Agung berharap seni dan budaya badawang bisa menjadi legenda dunia.

Menerima penganugerahan sebagai Duta Original Indonesia itu, Dadang langsung mengucapkan terima kasih kepada ORI. Hal itu sebagai wujud ORI memerhatikan pertumbuhan dalam bidang seni dan budaya di Kabupaten Bandung.

"Ini motivasi untuk Kabupaten Bandung untuk tampil  ditataran nasional dan internasional," harap Dadang.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR