180706143706-cuaca.jpg

suara.com

Ilustrasi.

Cuaca di Bandung Raya Terasa Dingin, Ini Penyebabnya

Bandung Raya

Jumat, 6 Juli 2018 | 14:37 WIB

Wartawan: Whisnu Pradana

BEBERAPA waktu belakangan ini, masyarakat di Bandung Raya, termasuk Kota Cimahi, merasakan suhu udara menjadi lebih dingin dan angin terasa lebih kencang, terutama pada malam hari.

Menurut Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Klas I Bandung, Tony Agus Wijaya, suhu udara di Bandung Raya memang meningkat dibanding beberapa bulan lalu, lantaran saat ini sudah memasuki musim kemarau.

"Kejadian ini rutin terjadi tiap musim kemarau, antara bulan Juni sampai September. Wajar kalau masyarakat merasakan dingin," ujar Tony saat dihubungi, Jumat (6/7/2018).

Selain menghadapi cuaca yang semakin dingin, Tony juga menuturkan jika masyarakat, khususnya di pesisir pantai dan di pantai utara, mempersiapkan diri menghadapi gelombang pasang dan musim kering.

Dari monitoring pola angin, saat ini terjadi Badai "Maria" di Utara Filipina, berdampak ke kondisi angin yang melewati Jawa Barat sehingga menjadi relatif kencang dengan kecepatan antara 36 sampai 45 km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang laut maksimum, di perairan sebelah selatan Jawa Barat yaitu mencapai 4 meter, sehingga perlu antisipasi dan kewaspadaan.

"Potensi bencananya itu tentu gelombang pasang dan kekeringan. Karena sudah memasuki musim kemarau, dengan karakteristik angin kencang. Kalau yang di pesisir itu kan nelayan, berhati-hati ketika melaut. Dan petani di pantura juga bersiap menghadapi kekeringan," tuturnya.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR