180611190053-pemudik-di-terminal-leuwipanjang-terus-meningkat.jpg

Adi Permana

Pemudik di Terminal Leuwipanjang Terus Meningkat

Bandung Raya

Senin, 11 Juni 2018 | 19:00 WIB

Wartawan: Adi Permana

SEJAK H-7, aktivitas pemudik di Terminal Leuwipanjang terus mengalami peningkatan. Baik pemudik yang akan ke daerah Jabodetabek, Banten, Merak, Sukabumi dan yang lainnya. Selain keberangkatan juga banyak pemudik yang menuju ke Kota Bandung.

Berdasarkan data yang diperoleh, pada H-7 penumpang yang datang sebanyak 5946 orang. Sedangkan penumpang yang berangkat dari Terminal Leuwi Panjang sebanyak 8652 orang.

Jumlah itu makin meningkat pada H-6 pun terjadi lonjakan penumpang yakni sebanyak 9120 penumpang yang tiba dan 11477 penumpang yang berangkat. Namun pada H-5 penumpang yang tiba di Bandung via Leuwi Panjang sedikit menurun yakni 7477 orang. Sedangkan keberangkatan terus meningkat yaitu 11786 penumpang.

Sejauh ini, pihak terminal Leuwi Panjang tidak menemukan kendala dalam menghadapi arus mudik lebaran 2018. Lebih dari 700 bus disiapkan untuk melayani para penumpang yang hendak melangsungkan mudik dari Terminal Leuwi Panjang, Bandung.

"Diprediksi arus mudik dari Leuwi Panjang akan meningkat sebanyak 5 persen. Diperkirakan akan ada pucak arus mudik kembali di hari Selasa atau Rabu besok," kata Staf Kepala Terminal Leuwipanjang, Rohmat ditemui Galamedia, Senin (11/6/2018).

Ia melanjutkan, kemungkinan puncak arus mudik sudah terjadi pada akhir pekan lalu. Namun bisa saja pada H-3 dan H-2 kepadatan pemudik bisa kembali terjadi di Terminal Leuwipanjang. "Memang sejak Sabtu (9/6) kemarin sudah terlihat dan ini terus naik jumlah penumpangnya," kata Rohmat

Musim nudik dan balik tahun ini, Terminal Leuwipanjang menyiapkan kurang lebih 727 kendaraan bus dengan rincian, bus antar kota antar provinsi (AKAP) 267 armada, dan antar kota dalam provinsi (AKDP) 450 armada. Bila tak memenuhi, pihaknya sudah menyiapkan bus cadangan sebanyak 10 unit.

Pihak Terminal pun terus mengimbau kepada masyarakat yang hendak dan tiba di Bandung, untuk tetap berhati-hati. Cek kembali barang bawaan, juga jaga baik anak-anak. "Kalau ada orang yang tidak dikenal ngasih makanan atau minuman, jangan dimakan. Tetap hati-hati," pungkasnya.

Untuk kelaikan armada pihaknya bersama Dishub rutin melakukan ramp check setiap bus yang masuk terminal. Hal itu guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi pemudik. Dia menegaskan, apabila ditemukan kendaraan atau armada yang tidak memenuhi syarat kelayakan untuk beroperasi, pihaknya akan mengkangkan bus tersebut sampai dinyatakan kembali layak.

Sementara itu, untuk sopir bus, pihak Terminal Leuwi Panjang bekerjasama dengan Dinkes akan melakukan tes kesehatan mendekati H-7 lebaran. Saat ini belum dilakukan karena belum masuk masa mudik.

Di Terminal, dia mengatakan, juga ada beberapa fasilitas taman bermain bagi anak-anak yang telah disediakan. Pemudik yang hendak beristirahat atau sebari menunggu keberangkatan bus bisa menggunakan fasilitas tersebut.

Editor: Endan Suhendra



Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR