180611091240-hari-lingkungan-hidup-pln-cimahi-dan-jabar-lakukan-penanaman-pohon.jpg

Whisnu Pradana

Hari Lingkungan Hidup, PLN Cimahi dan Jabar Lakukan Penanaman Pohon

Bandung Raya

Senin, 11 Juni 2018 | 09:12 WIB

Wartawan: Whisnu Pradana

DALAM rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup se-dunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni, PLN Area Cimahi dan PLN Area Pengaturan Distribusi Jawa Barat berkolaborasi melakukan penanaman pohon untuk menjaga ekosistem.

Penanaman pohon di wilayah operasional Indonesia Power (IP) Unit Pembangkitan Saguling itu memberdayakan masyarakat sekitar Desa Saguling sebagai pelaksana kegiatan.

Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 100 pohon ditanam, yang terdiri dari beberapa jenis, diantaranya pohon buah-buahan, seperti pohon rambutan, durian, dan mangga.

Turut hadir dalam acara tersebut General Manager Indonesia Power UP Saguling, Buyung Arianto, Manajer PLN Area Cimahi Heru Purwoko, dan Manajer PLN APD Jabar, Riko Ramadhano Budiawan.

Heru menuturkan, program aksi penanaman pohon tak terlepas dari wujud kepedulian PLN dalam mendukung Program Citarum Harum, yang digulirkan oleh pemerintah pada Februari 2018 lalu.

"PLN sebagai perusahaan yang bergerak di bidang energi listrik tentu harus bertanggung jawab melestarikan lingkungan sekitar. Maka bentuk nyatanya, kami perlu melakukan pengendalian dan konservasi lingkungan," katanya, usai pelaksanaan kegiatan, Senin (11/6/2018).

Menurut Heru, PLN melakukan program penanaman pohon secara berkala di sekitar lokasi perusahaan. Tujuannya ialah untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan berdaya guna untuk masyarakat yang berada di lingkungan perusahaan.

"Kami memilih lokasi di sekitar Bendungan Saguling, karena masih merupakan bagian dari sungai Citarum. Kedepannya mungkin akan ada program di Cimahi juga," jelasnya.

Sungai Citarum, lanjut Heru, merupakan salah satu lokasi proyek pembenahan lingkungan hidup yang berskala nasional sehingga perlu prioritas konservasi.

"Dengan penanaman pepohonan di hilir Sungai Citarum, maka di sekitar bendungan diharapkan dapat ikut memperkuat struktur tanah di daerah tersebut. Dengan demikian, risiko terjadinya penurunan struktur tanah dapat diminimalisir," bebernya.

Sementara itu, General Manajer Indonesia Power Unit Pembangkitan Saguling, Buyung Arianto, mengapresiasi dan mendukung penuh program penghijuan tersebut. Apalagi lokasinya di bantaran Waduk Saguling.

"Kita apresiasi kegiatan seperti ini. Sangat positif untuk mendukung program Citarum Harum. Program seperti akan dilakukan secara kontinu," tandasnya.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:



BERITA LAINNYA

KOMENTAR