Kebakaran SMPN 50 Bandung Hanguskan Dokumen Penting

Adi Permana

Kebakaran SMPN 50 Bandung

Kebakaran SMPN 50 Bandung Hanguskan Dokumen Penting

Bandung Raya

Senin, 11 Juni 2018 | 04:01 WIB

Wartawan: Adi Permana

KEBAKARAN menghanguskan beberapa ruangan SMPN 50 Bandung yang berlokasi di Jalan Pasir Jati, RT 02 RW 10, Kelurahan Cigending, Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung, Minggu (10/6/2018) siang. Tak korban jiwa dalam peristiwa tersebut, hanya saja beberapa dokumen penting ikut hangus terbakar.

Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung Ferdi Lingaswara mengatakan, pihaknya menerima laporan kebakaran tersebut pada 13.30 WIB melalui emergency call 113. Tim langsung bergerak ke lokasi kebakaran.

Sebanyak 8 unit mobil pemadam dikerahkan ke lokasi kebakaran dari UPT Timur dan dibantu mobil pemadam dari pusat komando. Saat di lokasi dijelaskan Ferdi kondisi api sudah membesar dan melahap beberapa bangunan sekolah.

"Api besar karena memang bahannya mudah terbakar, kertas-kertas dan buku-buku di ruang guru, lalu juga angin cukup kencang tapi tim kita berupaya melakukan penyekatan dan pemblokiran untuk tidak merambat pada bangunan sekitarnya," katanya di lokasi.

Pihaknya sempat kesulitan menjangkau lokasi sebab jalanan dalam kondisi macat. Ditambah lokasi kebakaran minim air. Kendati demikian, petugas tetap bisa melakukan pemadaman sehingga api tak membakar bangunan kelas lainnya.

Pantauan di lokasi, asap hitam masih terlihat di beberapa bangunan yang sudah terbakar. Petugas pun terlihat berjibaku mendinginkan api. Sekolah bercat dominan hijau itu hangus di ruang depan gerbang masuk.

Menurut Ferdi, ada 11 ruangan sekolah yang terbakar. Di antara ruang guru, ruang kepala sekolah, ruang wakil kepala sekolah, ruang TU, ruang kesiswaan, ruang rapat, ruang kurikulum, koperasi, mushola, dapur sekolah dan toilet.

Penyebabnya sampai sekarang belum diketahui. Termasuk kerugian material. Tapi menurut saksi sumber api itu berasal dari ruang guru, kemungkinan besar dari korsleting listrik," katanya menambahkan.

Meski beberapa ruangan sudah hangus, namun masih ada bangunan sekolah yang punya luas keseluruhan 7030 meter persegi itu. Bangun yang terselamatkan di antaranya 33 ruang kelas, ruang lab bahasa, ruang lab IPA, ruang lab multimedia, ruang bimbingan dan penyuluhan, dan aula.

"Total luas area yang terbakar kurang lebih 9x24 meter persegi. Usai penanganan pukul 16.30 WIB dan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut," ucap Ferdi.

Penjaga sekolah Tetep Pujarsono, mengatakan, saat peristiwa tersebut terjadi, beruntung sekolah tengah dalam kondisi libur. Sehingga tidak ada aktivitas kegiatan apapun di dalamnya. "Semua kosong, ga ada siapa-siapa," katanya.

Salah satu guru di SMPN 50 Bandung Farida mengatakan, atas peristiwa kebakaran tersebut beberapa dokumen penting ikut hangus. Misalnya raport siswa, ijazah, arsip sekolah, dan berkas-berkas lainnya. "Barang-barang tersebut disimpan di ruang guru jadi ikut terbakar," katanya.

Namun dikatakan Farida beberapa data bisa dipulihkan kembali karena sebagian guru punya dokumen digital di komputernya masing-masing. Untuk itu, pihak sekolah pun akan berusaha mendata dokumen apa saja yang terbakar.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:



BERITA LAINNYA

KOMENTAR