Ami: Posko Kesehatan Biasanya Didatangi Pemudik yang Kelelahan

Whisnu Pradana

Ami: Posko Kesehatan Biasanya Didatangi Pemudik yang Kelelahan

Bandung Raya

Minggu, 10 Juni 2018 | 16:07 WIB

Wartawan: Whisnu Pradana

POSKO pelayanan kesehatan gratis yang disiagakan oleh Dinas Kesehatan Kota Cimahi dan telah beroperasi sejak Sabtu (9/6/2018), diprediksi akan kebanjiran pemudik yang melintasi jalur mudik Kota Cimahi, pada H-3 Idul Fitri 2018.

Hari kedua pelayanan, petugas di posko kesehatan gratis tersebut sudah melayani 7 orang pemudik yang mengeluhkan pusing, mual-mual, dan batuk.

Petugas Kesehatan dari Puskesmas Cimahi Tengah, dr. Ami, mengatakan berkaca pada arus mudik tahun lalu, pasien yang merupakan pemudik akan lebih banyak memanfaatkan posko tersebut.

"Biasanya pemudik banyak yang kelelahan, sehingga mengalami pusing lantaran kondisi arus lalu lintas saat H-3 itu sangat padat. Jadi kemungkinan saat itu akan lebih ramai," ujar Ami saat ditemui di Posko Kesehatan di Alun-alun Cimahi, Minggu (10/6/2018).

Menurutnya, pemudik yang mengalami pusing saat diperjalanan itu biasanya karena faktor kelelahan dan cuaca yang panas. Sedangkan keluhan batuk biasanya lantaran faktor polusi akibat arus lalu lintas yang cukup padat tersebut.

"Saat H-3 itu volume kendaraan yang melintas ke sini biasanya meningkat karena pemudiknya sudah mulai banyak. Cuaca belakangan ini juga agak panas, jadi perlu diantisipasi," terangnya.

Atas hal itu, lanjutnya, petugas kesehatan yang siaga di Posko tersebut harus bekerja semaksimal mungkin untuk melayani pemudik yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

Saat H-3 Idul Fitri, persediaan obat-obatan pun harus ada tambahan, sehingga ketika pasien membludak di posko tersebut tidak kekurangan obat.

"Ditambah mobil siaga atau mobil ambulans yang baru diterima kelurahan dari Pemkot Cimahi juga akan disediakan selama 24 jam," katanya.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:



BERITA LAINNYA

KOMENTAR