180610155038-jumlah-penumpang-bus-di-terminal-cicaheum-terus-mengalami-peningkatan.jpg

Adi Permana

Jumlah Penumpang Bus di Terminal Cicaheum Terus Mengalami Peningkatan

Bandung Raya

Minggu, 10 Juni 2018 | 15:50 WIB

Wartawan: Adi Permana

KEPALA Terminal Cicaheum Roni Hermanto mengatakan, ada peningkatan jumlah penumpang di H-7 dan H-6 arus mudik Lebaran 2018 yang terpantau di Terminal Cicaheum. Lonjakan penumpang itu di luar prediksi pihak terminal dibandingkan mudik tahun lalu.

Berdasarkan data yang diperoleh, pada H-7 dan H-6 itu tercatat ada 7.629 penumpang yang berangkat dari terminal Cicaheum baik menggunakan bus angkutan kota dalam provinsi (AKDP) maupun antar kota antar provinsi (AKAP). Jumlah itu meningkat 73 persen dibandingkan tahun lalu yang hanya 4.375 penumpang saja.

"Lonjakan terjadi dua hari kemarin dan itu di luar prediksi kita karena berdasarkan evaluasi biasannya puncak arus mudik pada H-3 dan H-2," kata Roni kepada galamedianews.com, Minggu (10/6/2018).

Dia menjelaskan, lonjakan di dua hari itu disebabkan karena sudah banyak pemudik yang libur kerja. Sehingga mereka memanfaatkan waktu libur panjang untuk mudik lebih awal dari biasanya.

"Untuk hari ini, di H-5 juga masih terlihat lumayan ada lonjakan," katanya.

Terminal Cicaheum melayani rute antar kota dalam provinsi ke beberapa daerah seperti Garut, Tasikmalaya, Pangandaran, dan lain-lain. Serta bus antar kota antar provinsi ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, puncak arus mudik di Cicaheum akan terjadi pada H-3 dan H-2.

Dijelaskan Roni, sejauh ini aktivitas mudik di Terminal Cicaheum masih tidak ada kendala. Lonjakan yang terjadi dua hari lalu bisa diantisipasi dengan jumlah armada bus yang telah disediakan terminal.

Saat ditanya mengenai apakah H-3 dan H-2 bakal ada lonjakan lagi, Roni mengatakan kemungkinan hal tersebut bisa terjadi. Namun bisa juga lonjakan sangat drastis hanya terjadi pada H-7 dan H-6 saja. "Bisa saja ada dua kali puncak arus mudik, tapi itu hanya prediksi, kita lihat saja nanti, bisa jadi hanya sekali saja di H-7 dan H-6," pungkasnya.

Pihak Terminal Cicaheum sendiri sudah menyiapkan 191 bus untuk melayani pemudik tahun ini, terdiri atas 108 bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), 83 bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP). 30 bus bantuan juga disiapkan jika sewaktu-waktu terjadi penumpukan penumpang.

Editor: Dadang Setiawan



Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR