Masyarakat Priangan Timur Diingatkan Agar Waspadai Peredaran Uang Palsu

Septian Danardi

Kepala Kantor Perwakilan BI Tasikmalaya, Heru Saptaji

Masyarakat Priangan Timur Diingatkan Agar Waspadai Peredaran Uang Palsu

Bandung Raya

Sabtu, 9 Juni 2018 | 16:39 WIB

Wartawan: Septian Danardi

ANTISIPASI maraknya peredaran uang palsu menjelang Hari Raya Idulfitri 1439 Hijirah, Kantor Perwakilan BI Tasikmalaya, mengimbau masyarakat wilayah Kota Tasikmalaya khususnya, Priangan Timur pada umumnya waspada dan teliti.

"Meski kasus peredaran uang palsu di wilayah Kota Tasikmalaya dan wilayah Priangan Timur tidak banyak, namun tetap perlu di waspadai. Cukup sulit diprediksi peredaran uang palsu,"   kata Kepala Kantor Perwakilan BI Tasikmalaya, Heru Saptaji, kepada wartawan, media, Sabtu (9/6/2018).

Menurutnya, peningkatan transaksi menjelang Lebaran bisa saja disalahgunakan orang jahat untuk mengedarkan uang palsu. Apalagi meningkatnya transaksi, sehingga tak jarang menjadi sasaran empuk para pelaku tindak kriminal kelompok pengedar uang palsu.

Masyarakat yang mengetahui atau menerima uang palsu, kata Heru, untuk tidak mengedarkan kembali. Akan tetapi warga tersebut harus melaporkan kepada pihak kepolisian agar dapat ditindak lanjuti. Sehingga pihak Kepolisian bisa melacak dan mengungkap pelaku peredaran uang palsu tersebut.

Upaya mencegah peredaran uang palsu, lanjut Heru, BI Tasikmalaya secara rutin dalam satu bulan bisa dua sampai tiga kali menggelar sosialisasi mengenalkan keaslian uang rupiah kepada masyarakat. "Edukasi keaslian uang sangat penting dan cara membedakan yang asli dengan yang palsu kepada masyarakat," katanya.

Editor: H. Dicky Aditya

Bagikan melalui:



BERITA LAINNYA

KOMENTAR