180608145102-tidak-laik-jalan-dishub-cimahi-kandangkan-bus-angkutan.jpg

Whisnu Pradana

Tidak Laik Jalan, Dishub Cimahi Kandangkan Bus Angkutan

Bandung Raya

Jumat, 8 Juni 2018 | 14:51 WIB

Wartawan: Whisnu Pradana

DINAS Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi dan Satlantas Polres Cimahi, melakukan pemeriksaan kelaikan bus umum yang digunakan oleh masyarakat untuk angkutan mudik Lebaran 2018.

Dalam pemeriksaan tersebut, bus Budiman yang melayani trayek Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), terpaksa dikandangkan oleh petugas karena tidak laik jalan.

Kepala Pengujian Kendaraan pada Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Asep Rio, mengatakan pengecekan kelaikan kendaraan atau ramp check tersebut dilakukan untuk memastikan kendaraan yang digunakan angkutan mudik laik jalan.

"Setelah kami cek secara fisik kendaraan belum laik untuk menempuh perjalanan karena ada kendala pada roda belakang," katanya saat ditemui usai pelaksanaan kegiatan, Jumat (8/6/2018).

Bus tersebut, kata Asep, ban bagian belakangnya tidak memenuhi syarat lantaran menggunakan ban vulkanisir, sehingga pihaknya tidak mengizinkan untuk beroperasi.

"Jadi harus dikirim ke poolnya dulu, dan mengganti suku cadangnya. Bannya pakai vulkanisir, ban cadangannya juga rusak, jelas sangat membahayakan," jelas Asep.

Kanit Dikyasa Satlantas Polres Cimahi, Ipda Deden Indrajaya, mengatakan bus tersebut kelengkapan surat-suratnya lengkap sehingga pihaknya hanya meminta pihak perusahaan untuk mengganti ban vulkanisir tersebut.

"Ada kesanggupan dari pihak perusahaan untuk memngganti ban dan kami larang untuk beroperasi sebelum bannya diganti," katanya.

Kegiatan tersebut lanjut Deden, dalam rangka untuk menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran di jalan saat arus mudik.

"Tentu kami dari kepolisian perlu melakukan pemeriksaan seperti ini untuk memininalisir potensi kecelakaan saat arus mudik dan arus balik nanti," tandasnya.

Editor: Dadang Setiawan



Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR