1.500 Petugas PMI Disiagakan di Jalur Mudik Jawa Barat

Adi Permana/galamedianews.com

1.500 Petugas PMI Disiagakan di Jalur Mudik Jawa Barat

Bandung Raya

Jumat, 8 Juni 2018 | 10:54 WIB

Wartawan: Adi Permana

SEBANYAK 1.500 petugas Palang Merah Indonesia (PMI) akan disiapkan untuk membantu kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2018. Ribuan petugas medis itu akan disebar di 97 titik di jalur mudik wilayah Jawa Barat.

Ketua PMI Jawa Barat Adang Rochjana mengatakan, selama mudik dan balik pihaknya akan membantu petugas kepolisian dan dishub sejak H-7 sampai H+7 lebaran 2018. Hal itu dilakukan sebagai bentuk dukungan kelancaran arus mudik dan balik.

"Kita berusaha semaksimal mungkin, kita sudah siapkan ambulan baik itu ambulan roda empat, ambulan roda dua, maupun ambulan sepeda selama mudik dan balik," kata Adang di Kantor PMI Kota Bandung, Jalan Ir H Djuanda, Kota Bandung, Jumat (8/6/2018).

Adang mengatakan, setiap tahunnya PMI Jawa Barat selalu ikut berpartisipasi membantu masyarakat yang akan mudik lebaran ke kampung halamannya, agar merasa nyaman di perjalanan. Oleh karena itu, PMI akan mendirikan 97 pokso mudik di jalur yang sering dilalui pemudik, tempat yang rawan kecelakaan, terminal bus atau stasiun kereta api dan tempat wisata serta di pusat-pusat keramaian lainnya.

Adapun kata Adang, langkah-langkah yang telah PMI Jawa Barat siapkan untuk mudik kali ini yakni mengecek kendaraan ambulans, termasuk ketersediaan labu dara di masing-masing UTD PMI Kabupaten/Kota se-Jawa Barat.

"Langkah-langkah yang harus kita laksanakan antara lain menyiapkan pos pertolongan pertama dengan kemampuan sukarelawan yang profesional dan tangguh seperti dokter, perawat, driver ambulan dan petugas medis lainnya," ucap Adang.

Selain itu, pihaknya juga akan terus melakukan koordinasi dengan lintas sektoral yang terkait baik itu dengan rumah sakit, petugas kepolisian, puskesmas, Dishub, BPBD, pengelola obyek wisata dan pihak lainnya. "Selama mudik dan balik tahun ini kita sudah persiapkan segalanya, petugas, ambulan, dan poskp," katanya.

Ia pun berharap, arus mudik dan balik tahun ini bisa berjalan dengan lancar tidak terjadi kecelakaan. Semuanya selamat baik pemudik dan petugas yang menjalankan tugas di lapangan. "Mudah-mudahan mudik tahun ini lancar dan selamat sampai tujuan," pungkasnya.

Editor: H. Dicky Aditya

Bagikan melalui:



BERITA LAINNYA

KOMENTAR