180417170858-pemkot-cimahi-segera-evaluasi-sotk.png

Pemkot Cimahi Segera Evaluasi SOTK

Bandung Raya

Selasa, 17 April 2018 | 17:08 WIB

Wartawan: Whisnu Pradana

DALAM waktu dekat, Pemerintah Kota Cimahi akan mengevaluasi Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK) baru yang sudah diterapkan sejak awal tahun 2017.

Pada tahun tersebut, SOTK di tubuh Pemerintahan Kota Cimahi mengalami perubahan. Diantaranya ada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang dipecah dan ada pula SKPD yang naik tingkat. Pada perubahan SOTK 2017 lalu, tercatat ada 15 dinas, 4 badan, 3 kecamatan ditambah Kesbang, Inspektorat, Setwan dan Setda.

Selain itu, ada pula dinas baru hasil pecahan dari dinas lama diantaranya Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan, Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas Lingkungan Hidup serta Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman.

Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah (Setda) Kota Cimahi, Yulia Fitri, menjelaskan perubahan SOTK mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah.

"Rencananya kita akan evaluasi SOTK secepatnya. Evaluasi itu kan memang diperlukan untuk penyesuaian juga," kata Yulia didampingi Kasubag Kelembagaan, Rina Erlina, saat ditemui di Komplek Pemerintahan Kota Cimahi, Jalan Hardjakusumah, Selasa (17/4/2018).

Diakuinya, memang sejauh ini sudah ada SKPD yang mengusulkan untuk dipecah kembali. Seperti Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosP2KBP3A).

Namun, kata dia, peleburan SKPD tentunya bukanlah perkara mudah. Pasalnya, selain prosesnya panjang dan butuh pengkajian, ada juga sisi lain yang mesti dipikirkan.

Di antaranya kemampuan anggaran dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki Pemerintah Kota Cimahi. Sebab, ujar Yulia, SDM yang dimiliki saat ini saja masih kurang. Buktinya, masih ada beberapa SKPD yang belum memiliki kepala dinas hingga saat ini.

"Prosedurnya panjang, ini tidak gampang, perlu kajian. Kalau memungkinkan berpisah ya silakan asal sepanjang itu sesuai dengan aturan," ujar Yulia.

Meski begitu rumit dan berdampak panjang, lanjut Yulia, bukan berarti menutup peluang peleburan SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Cimahi.

"Kita akan rapatkan dulu. Selama itu memang dibutuhkan dan sesuai, ya pastinya akan dilakukan. Tapi lihat dulu apakah SDM-nya memungkinkan tidak," tegasnya.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:



BERITA LAINNYA

KOMENTAR