180313175925-besok-sopir-angkutan-sampah-kbb-akan-hentikan-aksi-mogok.jpg

net

Ilustrasi.

Besok, Sopir Angkutan Sampah KBB Akan Hentikan Aksi Mogok

Bandung Raya

Selasa, 13 Maret 2018 | 17:59 WIB

Wartawan: Dicky Mawardi

SOPIR dan kernet truk sampah UPT Kebersihan Kabupaten Bandung Barat (KBB) menghentikan aksi mogoknya, Selasa (13/3/2018). Meski sudah mulai kembali mengangkut sampah di pemukiman warga namun pelayanan  masih belum normal.

"Apa yang kemarin mereka (sopir dan kernet,red) lakukan hanya spontanitas saja. Bentuk protes atas kondisi di TPA Sarimukti. Semua keluhan sudah kami tampung, diharapkan pihak Badan Pengelola Sampah Regional (BPSR) bisa memecahkan persoalan ini," kata Kepala Dinas Lingkunan Hidup KBB Apung Hadiat di Ngamprah, Selasa (13/3/2018).

Ia mengaku, sudah berkomunikasi dengan BPSR. Pihak BPSR berjanji akan melakukan pengerasan landasan TPA Sarimukti dengan batu koral.

"Pengerasan ini penting supaya ban truk tidak selip. Memang landasan menjadi persoalan serius yang menjadi sumber tersendatnya truk sampah ketika akan masuk TPA," tuturnya.

Akibat buruknya kondisi landasan, pada musim hujan menjadi licin dan berlumpur. Biasanya manuver truk di dalam lokasi TPA Sarimukti hanya butuh waktu 10-15 menit, tapi pada musim hujan seperti sekarang membutuhkan waktu sampai satu jam.

"Kalau satu truk butuh waktu bermanuver 1 jam, pastinya bakal menimbulkan antrean panjang. Apalagi sekarang ini, intensitas truk masuk ke TPA cukup tinggi," ujarnya.

Menurutnya, kemacetan di gerbang TPA yang mencapai 12 jam melelahkan sopir dan kernet truk sampah. UPT Kebersihan KBB berinisiatif menyediakan nasi bungkus  buat awak truk sampah yang berada di sekitar lokasi TPA.

"Sopir dan kernet truk sampah KBB kita berikan nasi bungkus. Ini sebagai bentuk perhatian dari pemerintah, karena selama menunggu berjam-jam
pastinya lapar dan haus," tandasnya.

Editor: Dadang Setiawan



Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR