Aktivis Mahasiswa dan Pelajar Peringati 11 Tahun Aksi Kamisan

Riska Yunisyah Imilda.job

Aktivis Mahasiswa dan Pelajar Peringati 11 Tahun Aksi Kamisan

Bandung Raya

Kamis, 18 Januari 2018 | 22:51 WIB

Wartawan:

PERINGATAN 11 tahun Aksi Kamisan digelar di depan Gedung Sate Jalan Diponegoro Kota Bandung,  Jawa Barat, Kamis (18/01/2018). Kegiatan ini memang rutin digelar setiap Kamis sore, dengan menghadirkan para aktivis dari mahasiswa dan pelajar yang berorasi mengenai pelanggaran Hak Asasi Manusia.

Berbagai tuntutan diangkat dalam Aksi Kamisan ini, seperti penggusuran Tamansari serta permasalahan agraria mengenai lahan-lahan petani yang dijadikan proyek pemerintah. Sembari menggunakan payung hitam serta diiringi hujan, tidak menyurutkan beberapa dari aktivis tetap menyuarakan opininya. Tidak hanya itu, sebagian peserta aksi juga membacakan sajak-sajak dari W.S Rendra.

Menurut salah seorang peserta aksi, Wanggi, mengatakan, kedaruratan Agrari adalah pelanggaran berat yang dilakukan oleh pemerintah. Selain itu, aksi ini juga bertujuan untuk merelaksaksi dan mengingatkan kembali atas janji-jani Presiden Indonesia, Joko Widodo menyoal penuntasan pelanggaran HAM.

"Banyak kasus-kasus yang terjadi sampai 11 tahun Aksi Kamisan ternyata janji tersebut belum terealisasikan," ujar Wanggi saat ditemui galamedianews.

Wanggi mengatakan, Aksi Kamisan ini sebagai refleksi atas diskriminasi-diskriminasi yang dilakukan aparatur negara, mulai dari penggusuran, perampasan ruang hidup dan pelanggaran lainnya.

"Sejauh ini, kami mengupayakan untuk mengajukan gugatan mengenai penggusuram serta kami juga mendapatkan dukungan sari Lembaga Bantuan Hukum. Sehingga, LBH lah yang membantu lewat prosedur-prosedur ke persidangan," tutupnya. (Riska Yunisyah Imilda.job)

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:



BERITA LAINNYA

KOMENTAR