Dishub Cimahi Pantau Kemacetan Lewat CCTV

net

Ilustrasi.

Dishub Cimahi Pantau Kemacetan Lewat CCTV

Bandung Raya

Selasa, 14 November 2017 | 20:00 WIB

Wartawan: Laksmi Sri Sundari

DINAS Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi melakukan pemantauan kemacetan melalui Closed Circuit Television (CCTV) yang tersebar di 30 titik pantau seperti pertigaan Sangkuriang, pertigaan  alun-alun, Gandawijaya, Baros, Leuwigajah, Cimindi, Cibeureum, Demang Hardjakusuma, Citeureup dan Cihanjuang.

"Keberadaan CCTV ini bagi Kami sebagai alat untuk memantau tingkat kemacetan pada suatu simpang," ungkap Kepala Seksi (Kasi) Rekayasa Lalu Lintas Dishub Kota Cimahi, Alfi Fauzia, Selasa (14/11/2017).

Menurutnya, apabila terjadi kemacetan yang menyebabkan arus lalu lintas terganggu,  yang berwenang mengatasinya adalah pihak kepolisian

"Kami tidak punya wewenang dalam mengatur dan mengurainya karena wewenangnya ada di kepolisian, karena Kami terbentur kewenangan yang ada  di  Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan bahwa pengaturan lalu lintas merupakan tugas pihak kepolisian," jelas Alfi.

"Dishub ini lebih pada konseptor manajemen rekayasa lalu lintas. Sedangkan eksekutornya pihak kepolisian," sambungnya.

Dishub Kota Cimahi, kata Alfi, hanya menginformasikan melalui media sosial dimana saja titik-titik kemacetan yang terpantau di kamera  CCTV.

"Di cimahi ini kewenangan jalan pun terbagi menjadi ruas jalan nasional,  ruas jalan propinsi dan ruas jalan kota. Titik-titik ditempatkannya kamera  CCTV kami hanya bisa di ruas jalan kota, karena kewenangannya hanya pada ruas jalan kota," terangnya.


Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:



BERITA LAINNYA

KOMENTAR