Pemkot Cimahi Kaji Ulang Konsep Pasar Atas Barokah

Ginanjar Arief Pratama

Pemkot Cimahi Kaji Ulang Konsep Pasar Atas Barokah

Bandung Raya

Selasa, 14 November 2017 | 19:12 WIB

Wartawan: Whisnu Pradana

ASISTEN Perekonomian dan Pembangunan Kota Cimahi, Benny Bachtiar, mengatakan, pihaknya saat ini tengah mengkaji ulang mengenai konsep Pasar Atas Barokah (PAB), termasuk mekanisme penempatan pedagang dan penggunaan pasar. Saat ini, jumlah kios yang dibutuhkan untuk mengakomodir para pedagang PAB sebanyak 428 kios.

"Semuanya minta ditempatkan di lantai dasar. Nah sekarang sedang direview kembali konsep pasarnya mau seperti apa agar bisa mengakomodir semua keinginan pedagang," tuturnya.

Benny menambahkan, jika keberadaan terminal dan lahan parkir juga sedang dalam pembahasan. Pihaknya tidak ingin jika pedagang terakomodir namun memunculkan masalah lain, yakni kemacetan.

"Ada hal yang juga harus kita pikirkan, yaitu terminal. Barusan sudah kita bahas dengan Pak Wali Kota, kira-kira konsep ideal pasar ini seperti apa, jangan sampai ada yang dirugikan. Kita kan ingin semua pedagang terfasilitasi, dan kondisi eksisting lalulintas disitu juga tetap berjalan dengan lancar," tegasnya.

Untuk itu, pihaknya tidak akan terburu-buru memutuskan penempatan pedagang pada bangunan PAB yang baru sehingga bisa mengetahui untung ruginya.

"Akan kita kaji dulu untung ruginya bagaimana. Misalnya pedagang di lantai satu, seperti apa kondisi lalulintasnya, parkirnya juga bagaimana. Kalau di lantai dua bagaimana. Andaikan di lantai satu jadi tempat parkir kendaraan dan terminal, nanti dampak aktivitas pedagangnya seperti apa," bebernya.

Mengenai fungsi bangunan PAB sendiri, bangunan sebangak tiga lantai itu akan digunakan sebagai zona basahan, zona kering, terminal, dan tempat wisata di sekelilingnya.

"Sebenarnya sudah ada, rencana awal itu untuk dibawah terminal dan parkir, ditambah toko fesyen dan sebagainya. Lantai 2 pedagang basahan, dan lantai 3 itu pakaian beserta foodcourt. Nanti untuk pengelolaan tetap dibawah UPT Pasar. Nantu sekelilingnya akan jadi tempat wisata juga," ungkapnya.

Pasar Atas Barokah sendiri diarahkan menjadi pasar modern, yang mengutamakan kebersihan dan kenyamanan. Hal yang sama akan diterapkan di bangunan Pasar Atas Barokahyang lama ini.

"Pasar Atas Barokah yang sudah berdiri akan direvitalisasi. Dengan konsep pasar modern ini, akan ada edukasi kepada masyafakat dan pedagangnya. Semua lihak harus terbiasa dengan pasar modern. Makanya beberapa kali pedagang kita ajak melihat pengelolaan pasar modern itu seperti apa," pungkasnya.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:



BERITA LAINNYA

KOMENTAR