Abu Bakar Canangkan Desa Mekarsari sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial

Nalendra Agung

Bupati Bandung Barat Abu Bakar (batik hijau) menyerahkan kartu peserta dalam program BPJS Ketenagakerjaan secara simbolis kepada Kepala Desa Mekarsari Kecamatan Cipongkor Ade Hidayat (kemeja merah), Jumat (21/4/2017).

Abu Bakar Canangkan Desa Mekarsari sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial

Bandung Raya

Jumat, 21 April 2017 | 17:22 WIB

Wartawan: Nalendra Agung

BUPATI Bandung Barat, Abu Bakar mencanangkan Desa Mekarsari Kecamatan Cipongkor sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial. Pencanangan tersebut dilakukan bersamaan dengan penyerahan bukti kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan berupa sertifikat dan kartu peserta kepada para Perangkat Desa Mekarsari Kecamatan Cipongkor di Kantor Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jumat (21/4/2017).

Masuknya perangkat Desa Mekarsari Kecamatan Cipongkor dalam Program BPJS Ketenagakerjaan mengawali Pencanangan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Desa Sadar Jaminan Sosial merupakan Desa yang perangkat desa dan penduduknya memiliki kesadaran yang tinggi atas pentingnya jaminan sosial tenaga kerja.

Bupati Abu Bakar usai menyerahkan kartu BPJS dalam sambutannya menuturkan, sebanyak 164 Desa di Kabupaten Bandung Barat segera mengikuti langkah Desa Mekarsari Kecamatan Cipongkor sebagai Desa percontohan.

“seluruh Desa harus mengikuti program ini, kami berharap Kepala Desa yang belum mengikuti dapat segera mendaftarkan program BPJS Ketenagakerjaan," ucapnya.

Sementara itu Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Cimahi Ferry Azhari mengatakan, dengan bukti kepesertaan tersebut, mereka telah dilindungi dalam program BPJS ketenagakerjaan.

Salah satu contoh nyata yang sudah ikut kepesertaan adalah perangkat Desa Mekarsari, Kecamatan Cipongkor, yang mendaftar dengan dipelopori oleh Kepala Desa setempat, Ade Hidayat.

Ferry berharap, dengan komitmen dan dukungan Pemkab ke depan masyarakat pekerja di Wilayah Kabupaten Bandung Barat akan sejahtera, serta tangguh dalam menjalankan pekerjaan karena risiko sudah ada yang menanggung.

"Jadi perlindungan program BPJS Ketenagakerjaan agar tenaga kerja sejahtera, sebab tidak berkurang penghasilan apabila terjadi sesuatu, baik meninggal maupun kecelakaan," jelasnya.

Saat ini perangkat Desa Mekarsari Kecamatan Cipongkor sementara waktu hanya mengikutsertakan seluruh pekerjanya pada program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

"Kedepan diharapkan menambah program Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan
Pensiun (JP)," ujarnya.

Dikemukakannya, JHT dan JP tidak kalah penting. Guna agar masyarakat pekerja tetap sejahtera bila sudah tidak bekerja. JHT akan diberikan secara langsung, sedangkan JP dibayarkan secara berkala seperti pensiunan pada umumnya.

“sekarang untuk mendapat pensiun tidak harus jadi pegawai negeri, non pegawai negeri pun bisa,” tandas Ferry Azhari.

Editor: H. Dicky Aditya

Bagikan melalui:



BERITA LAINNYA

KOMENTAR