Hari Kartini, BPJS Kesehatan Kota Cimahi Gandeng OASE Gelar Pemeriksaan IVA dan Papsmear

Laksmi Sri Sundari

Hari Kartini, BPJS Kesehatan Kota Cimahi Gandeng OASE Gelar Pemeriksaan IVA dan Papsmear

Bandung Raya

Jumat, 21 April 2017 | 16:41 WIB

Wartawan: Laksmi Sri Sundari

DALAM rangka memperingati Hari Kartini, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kota Cimahi dan Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) mengadakan kegiatan pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan papsmear di beberapa titik wilayah Kota Cimahi dan Kab. Bandung Barat. Pemeriksaan IVA dan papsmear ini guna mencegah penyakit kanker leher rahim atau kanker serviks.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cimahi Yudha Indrajaya menjelaskan, pelaksanaan kegiatan deteksi dini melalui IVA/Papsmear ini adalah salah satu bentuk program promotif preventif bagi peserta JKN-KIS untuk menekan jumlah penderita kanker serviks.

"Melalui kerja sama dengan OASE Kabinet Kerja dan Kementerian Kesehatan, BPJS Kesehatan siap memberikan layanan deteksi dini kanker serviks kepada seluruh perempuan usia produktif yang sudah menjadi peserta JKN-KIS," ungkap Yudha kepada wartawan di kantor BPJS Kesehatan  Cimahi  Jln. Sangkuriang No. 65 Kota Cimahi, Jumat (21/4/2017).

Kegiatan yang dinamakan Bulan Deteksi Dini Kanker Serviks tersebut diselenggaran di semua cabang BPJS seluruh Indonesia. Di Wilayah Kantor Cabang Cimahi sendiri, pencanangan pemeriksaan IVA/Papsmear dilaksanakan di PT Sansan Saudaratex Jaya Jln. Cibaligo yang memiliki jumlah total pekerja lebih dari 7.000 orang.

"Tadi pencanangannya di PT Sansan sebanyak 130 orang, dan di 13 Puskesmas di Kota Cimahi sebanyak 500 orang," katanya.

Menurut Yudha, pemeriksaan IVA/papsmear ini akan berlangsung hingga akhir april ini di seluruh puskesmas di wilayah Kota Cimahi, Klinik Kesdam 3 Siliwangi, Laboratorium Prodia Cimahi, dan Laboratorium Pramita Cimahi.

"Target Bulan Deteksi Dini Kanker Serviks ini cukup besar, yakni 600 orang untuk pemeriksaan IVA dan 1.100 orang untuk pemeriksaan papsmear. Insya Allah target itu bisa tercapai," katanya.

Secara nasional, dari bulan Januari sampai April 2017, terdapat 25.143 peserta JKN-KIS yang telah menjalani pemeriksaan IVA, sementara untuk pemeriksaan Papsmear, telah dilakukan oleh 19.848 peserta JKN-KIS. Adapun untuk di wilayah Kantor Cabang Cimahi sendiri terdapat 537 peserta JKN-KIS yang telah menjalani pemeriksaan IVA/Papsmear.

"Berdasarkan data per 31 Maret 2017, terdapat 1.328.595 jiwa penduduk Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat yang telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS," katanya.

Adapun hingga bulan April 2017, terdapat total 120 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bermitra dengan BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, yang terdiri atas 45 Puskesmas, 10 Dokter Praktik Perorangan, 3 Dokter Praktik Gigi Perorangan, 65 Klinik Pratama.

"Selain itu, BPJS Kesehatan Cabang Cimahi juga telah bekerja sama dengan 11 Rumah Sakit,” ujarnya.


Editor: H. Dicky Aditya

Bagikan melalui:



BERITA LAINNYA

KOMENTAR