Menhub Ajak Masyarakat Gunakan Transportasi Umum Saat Mudik

- 7 Mei 2019, 18:45 WIB
IMG-000124
IMG-000124

AKSARAJABAR.COM,BANDUNG - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan ramp check atau pengecekan bus sebagai persiapan menjelang mudik lebaran 2019 di Terminal Leuwipanjang, Kota Bandung, Selasa (07/05/2019).

"Bandung bisa jadi contoh penggunaan bus yang secara efektif, kita sangat mendukung penggunaan bus sebagai angkutan massal supaya jangan menggunakan angkutan pribadi," kata Budi usai pengecekan.

Budi memprediksi, pada mudik lebaran 2019 akan banyak masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi dibanding angkutan umum. Hal tersebut dikarenakan pembangunan tol di pulau Jawa telah rampung dan dapat digunakan.

"Kalau kita lihat angkutan pribadi mereka yang ingin menggunakan jalan tol, karena jalan tol baru selesai dari Jakarta, Semarang, Solo dan Surabaya pasti orang pengen coba kan," katanya.


Dengan adanya tol tersebut, Budi menilai akan membuat perjalanan mudik menggunakan bus akan lebih cepat. Sebab, jika banyak masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi justru akan menyebabkan kemacetan.

Dirinya juga mengajak masyarakat untuk menggunakan transportasi umum sebagai kendaraan untuk mudik. Selain itu, Budi mengimbau masyarakat memanfaatkan program mudik gratis yang disediakan pemerintah.

"Pemerintah konsisten menyediakan mudik gratis. Seperti kereta api, motornya gratis hanya bayar orangnya saja, kemudian naik bis, serta kapal laut itu orang nya gratis kendaraannya juga gratis," katanya.

Editor: Iman Mulyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x