Ini Dia Peran Guru Masa Kini

Ini Dia Peran Guru Masa Kini

Bandung Juara

Selasa, 3 Oktober 2017 | 16:52 WIB

Wartawan: Hj. Eli Siti Wasliah

ING Ngarsa Sung Tulada, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani” -Ki Hadjar Dewantara. Ing ngarsa sung tulada (di depan, seorang pendidik harus memberi teladan atau contoh tindakan yang baik). Ing madya mangun karsa (di tengah atau di antara murid, guru harus menciptakan prakarsa dan ide). Tut wuri handayani (dari belakang seorang guru harus bisa memberikan dorongan dan arahan).

Melalui filosofi tersebut figur seseorang guru yang baik adalah disamping menjadi suri tauladan atau panutan, tetapi juga harus mampu menggugah semangat dan memberikan dorongan moral dari belakang agar orang–orang di sekitarnya dapat merasa situasi yang baik dan bersahabat. Sehingga kita dapat menjadi manusia yang bermanfaat di masyarakat.

Ing Ngarsa Sung Tulada, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani” -Ki Hadjar Dewantara ing ngarsa sung tulada (di depan, seorang pendidik harus memberi teladan atau contoh tindakan yang baik). ing madya mangun karsa (di tengah atau di antara murid, guru harus menciptakan prakarsa dan ide), tut wuri handayani (dari belakang seorang guru harus bisa memberikan dorongan dan arahan), Sehingga figur seseorang guru yang baik adalah disamping menjadi suri tauladan atau panutan, tetapi juga harus mampu menggugah semangat dan memberikan dorongan moral dari belakang agar orang – orang disekitarnya dapat merasa situasi yang baik dan bersahabat . Sehingga kita dapat menjadi manusia yang bermanfaat di masyarakat @ridwankamil @odedmd @yossiirianto

A post shared by Dinas Pendidikan Kota Bandung (@disdikbdg) on

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:



BERITA LAINNYA

KOMENTAR